Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Hal Penting Tentang Investasi Untuk Pasangan Muda, Wajib Praktik!

Investasi Obligasi - Sumber: https://www.freepik.com/ | Dok Istimewa

Menjalani pernikahan berarti sama dengan mengawali tahap kehidupan yang baru. Kamu harus menatanya bersama dengan pasangan termasuk dalam hal meningkatkan kemampuan keuangan keluarga. Cukup banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai proses pengembangan kemampuan ini dan salah satu langkah tepat adalah dengan berinvestasi. Kamu bisa memilih investasi obligasi yang sangat aman dan minim risiko. Supaya lebih jelas, silakan kamu simak ini hingga akhir.

Investasi Tidak Mengerikan, Ini Cara Aman untuk Memulainya

Banyak orang, terutama pasangan muda, merasa ragu atau takut untuk memulai investasi karena menganggapnya sebagai sesuatu yang rumit dan penuh risiko. Namun, dengan pemahaman dan strategi yang tepat, investasi sebenarnya bisa menjadi proses yang tidak mengerikan dan bahkan menyenangkan. Berikut adalah cara aman yang bisa kamu ikuti untuk memulainya:

1. Kenali Keuntungan Cashflow dan Capital Gain

Memahami keuntungan dari investasi sangat penting agar kamu bisa membuat keputusan yang bijak. Keuntungan dari investasi umumnya dibagi menjadi dua kategori utama: cashflow dan capital gain. Cashflow adalah arus kas yang dihasilkan secara rutin dari investasi. Misalnya, dividen dari saham adalah pembayaran berkala yang diberikan oleh perusahaan kepada pemegang saham sebagai bagian dari laba perusahaan. 

Contoh lainnya adalah bunga yang diperoleh dari investasi obligasi adalah keuntungan cashflow yang bisa menjadi sumber pendapatan pasif. Kamu dapat menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, menambah tabungan, atau menginvestasikan kembali untuk meningkatkan nilai investasi. Dengan adanya cashflow, kamu memiliki sumber pendapatan yang stabil dan teratur tanpa harus menjual aset.

Di sisi lain, capital gain adalah keuntungan yang diperoleh dari kenaikan nilai aset investasi dari waktu ke waktu. Misalnya, jika kamu membeli saham seharga Rp 100.000 dan menjualnya seharga Rp 150.000, kamu akan mendapatkan capital gain sebesar Rp 50.000. Capital gain biasanya tidak terjadi secara rutin seperti cashflow, tetapi bisa memberikan keuntungan yang signifikan terutama dalam jangka panjang. 

Potensi capital gain membuat investasi menarik bagi kamu yang mencari pertumbuhan nilai aset yang lebih besar. Namun, capital gain juga lebih rentan terhadap fluktuasi pasar, sehingga membutuhkan strategi dan timing yang tepat. 

2. Risiko vs Berisiko

Dalam dunia investasi, memahami konsep risiko termasuk risiko pada investasi obligasi adalah kunci untuk menghindari kerugian yang tidak diinginkan. Risiko yang bisa dikelola adalah jenis risiko yang dapat diukur dan ditangani dengan strategi tertentu. Contoh yang paling umum dari pengelolaan risiko adalah diversifikasi portofolio, yaitu menyebarkan investasi ke berbagai jenis aset seperti saham, obligasi, dan properti. 

Dengan diversifikasi, jika satu aset mengalami penurunan nilai, aset lainnya dapat membantu menyeimbangkan kerugian tersebut. Misalnya, jika pasar saham sedang turun, obligasi atau properti mungkin masih menghasilkan pendapatan yang stabil. 

Selain diversifikasi, kamu juga dapat menggunakan alat seperti asuransi atau hedging untuk melindungi investasimu dari fluktuasi pasar. Memahami dan mengelola risiko memungkinkan kamu untuk mengambil keputusan yang lebih tenang dan terinformasi, sehingga potensi kerugian dapat diminimalkan.

Sebaliknya, investasi berisiko tinggi adalah jenis investasi yang memiliki potensi kerugian besar dan sering kali sulit memprediksinya. Investasi dalam skema piramida atau penipuan yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat adalah contoh dari investasi berisiko tinggi. Sering kali, investasi ini menarik dengan janji keuntungan besar yang cepat, tetapi risiko kehilangan seluruh modal sangat tinggi. 

Contoh lain adalah investasi di pasar yang sangat volatil tanpa pemahaman mendalam atau tanpa strategi pengelolaan risiko yang tepat. Untuk menghindari jebakan investasi berisiko tinggi, sangat penting bagi kamu melakukan riset menyeluruh dan berkonsultasi dengan ahli keuangan sebelum menanamkan modal.

Investasi Obligasi - Sumber: https://www.freepik.com/ | Dok Istimewa

3. Tahu Tujuan dan Punya Perencanaan

Menetapkan tujuan investasi membantu kamu menentukan arah dan strategi yang tepat. Misalnya, jika tujuanmu adalah membeli rumah dalam lima tahun, kamu akan memilih investasi dengan risiko rendah hingga menengah yang menawarkan stabilitas dan pertumbuhan nilai yang pasti, seperti investasi obligasi atau reksadana pendapatan tetap. 

Sebaliknya, jika tujuanmu adalah pensiun dalam 30 tahun, kamu mungkin lebih baik fokus pada investasi berisiko lebih tinggi seperti saham yang memiliki potensi pertumbuhan nilai lebih besar dalam jangka panjang. Jadi, dengan mengetahui tujuan, kamu dapat berinvestasi dengan jangka waktu dan profil risiko yang sesuai serta memastikan bahwa investasimu bekerja sesuai dengan rencana keuanganmu.

Selain menetapkan tujuan, perencanaan investasi yang matang adalah langkah krusial berikutnya. Perencanaan yang baik mencakup berbagai aspek, mulai dari alokasi aset, strategi diversifikasi, hingga evaluasi berkala terhadap kinerja investasi. Perencanaan yang baik juga harus fleksibel untuk disesuaikan dengan perubahan kondisi keuangan dan tujuan hidupmu. 

Setelah mengetahui fakta bahwa investasi tidaklah mengerikan, kamu dan pasangan bisa memulainya sekarang. Sebagai langkah awal kamu bisa memilih investasi yang minim risiko dan relatif aman, yakni investasi obligasi melalui Aplikasi digibank by DBS. Dengan berinvestasi melalui platform ini, kamu bukan saja memperoleh keamanan namun juga berpotensi meraih keuntungan yang maksimal. Pasalnya Aplikasi digibank by DBS menyediakan lebih dari 120 produk investasi yang bisa kamu pilih disesuaikan dengan profil risikomu. Menariknya lagi, produk investasi yang bisa kamu akses 24 jam ini sudah dikurasi oleh Invofesta untuk menavigasi masa depanmu.

Yuk, segera mulai investasi obligasi sekarang juga melalui Aplikasi digibank by DBS, informasi lengkap bisa kamu cek di sini.

Posting Komentar untuk "Hal Penting Tentang Investasi Untuk Pasangan Muda, Wajib Praktik!"