Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Tips Memilih Velg Mobil yang Sesuai Kebutuhan

Sumber: https://images.pexels.com/

Velg merupakan bagian penting dari kendaraan sebab tidak hanya berkaitan dengan kecepatan dan kenyamanan, tetapi juga berhubungan dengan keamanan pengemudi maupun penumpang. Sebaiknya menggunakan velg mobil standar yang ditentukan oleh developer, namun jika Anda ingin tampil beda tetap bisa melakukan modifikasi. 

Sebelum memilih velg modifikasi, Anda harus mempertimbangkan beberapa poin sehingga kendaraan tersebut tetap aman untuk melintas di berbagai jenis medan. Sebagai penopang ban mobil, kualitas velg sangat penting untuk mendapat perhatian. 

Poin yang Perlu Dipertimbangkan ketika Memilih Velg Mobil

Kesesuaian antara ban dan velg mobil yang digunakan sangat menentukan keamanan saat kendaraan melaju. Velg yang kuat mendukung agar ban mobil berfungsi dengan baik. Selain itu juga menjaga ban tetap terhubung dengan kendaraan dan mendukung ban agar bisa melaju dengan aman di berbagai kondisi jalan. 

Dengan demikian Anda bisa berkendara lebih tenang dan nyaman. Ban yang digunakan pun lebih kuat dan tidak mudah rusak. Poin yang perlu dipertimbangkan sebelum ganti velg adalah: 

Ukuran tepat

Ketepatan ukuran velg berkaitan dengan performa mobil. Jika ukurannya tidak sesuai, saat melaju mobil bisa oleng dan membahayakan keselamatan.

Kaki-kaki mobil juga dapat bermasalah sehingga spare part lain tidak berfungsi secara maksimal.Jika ingin mengganti dengan jenis velg modifikasi, pilih yang mempunyai ukuran maksimal 2 cm lebih besar. 

Untuk masing-masing sisi ban, sebaiknya menggunakan velg sejenis dan ukuran yang sama sehingga performa kendaraan saat melaju tetap terjaga. Ukuran velg yang berbeda sangat berbahaya bagi keselamatan sebab beresiko menyebabkan kendaraan oleh saat melaju. 

Pertimbangkan beban maksimum

Masing-masing jenis velg mempunyai kapasitas maksimal yang disarankan sehingga spare part ini masih dapat mendukung laju mobil dengan aman dan nyaman. Sebelum membeli velg sebaiknya melakukan konsultasi dengan teknisi yang berpengalaman agar tidak salah pilih, terutama jika Anda ingin mengganti velg dengan jenis modifikasi. 

Perhatikan spesifikasi baut

Velg terpasang dengan sempurna karena ada baut yang mengaitkan dan menguatkan. Jumlah baut dari masing-masing jenis velg berbeda, ada yang 4 dan ada yang 5. Sebelum membeli, pertimbangkan ukuran baut yang dikenal dengan istilah pitch circle diameter (PCD) yang merupakan ukuran jarak antara lubang baut dengan velg. 

PCD pada velg ditandai dengan angka seperti 4×100, 4×114,3, 5×114,3, dan 5×112. Angka yang di bagian depan (4 dan 5) menunjukkan jumlah baut. Sedangkan angka di belakang (100, 114,3 dan 112) menunjukkan diameter antar baut. 

Uji kekuatan velg

Sebelum membeli dna mengganti velg mobil, sebaiknya melakukan pengujian terhadap kekuatannya. Proses pengujian bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak harus dilakukan oleh tenaga atau teknisi yang berpengalaman karena mudah dan cepat.

Anda pun tidak membutuhkan peralatan khusus untuk melakukan pengujian. Caranya cukup dengan menggantung velg menggunakan karet kemudian memukulnya beberapa kali dengan kekuatan yang berbeda. Gunakan obeng untuk memukul velg tersebut. 

Coba dengarkan dan amati suara dari dengungan velg saat Anda memukulnya. Jika suara dengungan saat Anda memukulnya terdengar lembut dan lama, maka velg tersebut berkualitas baik. Sebaliknya, jika dengungan keras dan cepat hilang, velg tersebut kurang berkualitas. 

Pilih model yang sesuai

Tidak sedikit orang yang bingung saat memilih velg karena banyaknya jenis yang ada seperti powder-coated, clear-coated, bare-poles, chrome plated, dan paint-coated.

Masing-masing jenis mempunyai tingkat kilau yang berbeda. Agar tidak salah pilih, pertimbangkan dengan baik jenis seperti apa yang diinginkan dan pastikan sesuai dengan ban mobil yang digunakan.
Saat ini untuk mendapatkan vel dan ban yang terbaik untuk mobil Anda semakin mudah karena sudah ada dealer velg mobil dan ban terbaik di Indonesia, Otomax store. Otomax store merupakan pelopor pertama dan satu-satu nya di Indonesia bahkan dunia retail velg dan ban mobil yang memberikan layanan "Otomax on Demand"

Dengan layanan “Otomax on Demand” konsumen dapat melakukan fitting (mencoba) beberapa model, ukuran, merek velg ataupun ban untuk mobil sesuai lokasi yang ditentukan konsumen (saat ini ada di wilayah Jabodetabek). Ini memudahkan Anda mendapatkan velg mobil dan ban yang tepat untuk kendaraan.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Velg Mobil yang Sesuai Kebutuhan"