Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Masa Depan yang Baik Bergantung Pada Alam yang Baik! Semangat Orang Muda Menjaga Bumi Indonesia

Sumber: Dok Online Gathering Semangat Orang Muda Menjaga Bumi Indonesia

Sebagai salah satu makhluk yang diciptakan istimewa dan berakal, tentu sudah seharusnya manusia dapat mengubah pola hidup yang lebih ramah. Supaya nantinya tidak lagi membahayakan lingkungan.

Banyak hal yang dapat manusia lakukan untuk dapat menjaga kelestarian alam, seperti tidak membuang sampah sembarangan. Bahkan juga dengan cara mengurangi penggunaan plastik, tidak menebang pohon, banyak menanam pohon, dan lain sebagainya.

Hal itu juga sebagai suatu bentuk nyata supaya bumi yang kita tinggali dapat tetap indah, lestari, serta nyaman untuk ditinggali sampai dengan generasi-generasi selanjutnya.

Untuk bisa mewujudkan alam yang lestari di butuhkan kerjasama yang baik dari masing-masing orang. Namun juga perlu saling mengingatkan supaya orang-orang di sekitar kita dapat menjaga kelestarian alam. Semangat orang muda menjaga bumi Indonesia dengan melakukan beberapa langkah ini! 

Masa Depan yang Baik Bergantung Pada Alam yang Baik! Semangat Orang Muda Menjaga Bumi Indonesia 

Sumber: Dok Online Gathering Semangat Orang Muda Menjaga Bumi Indonesia

Bentuk Semangat Orang Muda Menjaga Bumi Indonesia yang Sedang Rapuh

Dalam rangka memperingati Hari Bumi pada 22 April, World Resources Institute maupun WRI Indonesia mengadakan beberapa kegiatan. Di mana untuk salah satunya yaitu pengenalan ragam ruang terbuka hijau serta pertanian urban. Kegiatan itu diharapkan bisa menimbulkan kepedulian bagi masyarakat sekitar. Terlebih lagi generasi muda, untuk mulai melestarikan bumi guna untuk meningkatkan kualitas udara perkotaan.

Sakinah Ummu Haniy selaku Koordinator Komunikasi Senior WRI Indonesia, menjelaskan jika kampanye Hari Bumi dilakukan untuk mendorong aksi nyata Semangat orang muda menjaga bumi Indonesia. Pihaknya juga telah berkolaborasi dengan beberapa komunitas taman. 

Bentuk Semangat Orang Muda Menjaga Bumi Indonesia

Ada banyak cara untuk manusia menjaga bumi Indonesia sendiri agar tidak rusak. Di antaranya yaitu sebagaimana berikut ini: 

Jangan buang sampah sembarang

Membuang sampah sembarangan akan mengotori lingkungan serta akan berdampak pada ekosistem yang ada di sekitarnya. Tidak hanya itu, sampah yang tercecer di mana- mana akan mengotori lingkungan. Terlebih lagi yang sulit terurai pada akhirnya akan terbawa ke lautan dan membahayakan hewan-hewan yang ada di sana. Para hewan tersebut bahkan akan mengkonsumsinya sebab sudah mengira itu makanannya.

Membawa botol minuman sendiri

Selalu saja diusahakan untuk membawa botol minuman sendiri pada saat bepergian. Hal tersebut tentunya untuk menghindari kalian membeli minuman dalam botol maupun juga gelas plastik. Dengan begitu maka bisa dipastikan jika sampah plastik pun bisa berkurang.

Kurangi makan daging

Kalian di sini tidak perlu berhenti makan daging seumur hidup, namun setidaknya berkomitmen untuk bisa menguranginya. Pasalnya, diperlukan 2.500 galon air untuk dapat memproduksi satu pound daging sapi. Tidak hanya itu saja, tidak sedikit juga wilayah hutan yang beralih fungsi menjadi peternakan akibat adanya permintaan konsumsi daging yang tinggi. 

Cabut kabel elektronik

Cabut kabel untuk pengering rambut, televisi, charger ponsel serta juga beberapa alat elektronik lainnya setiap sudah selesai digunakan. Apabila tetap terpasang, maka itu akan tetap menyedot energi meski tidak digunakan sama sekali.

Pohon

Pohon menyajikan bentuk oksigen untuk makhluk hidup. Pohon juga bisa membantu menyimpan energi, membersihkan air, serta juga membantu melawan perubahan iklim. 
Mungkin itu saja penjelasan dan informasi terkait dengan Semangat orang muda menjaga bumi Indonesia. Semoga bermanfaat!

#EcoBloggerSquad

Posting Komentar untuk "Masa Depan yang Baik Bergantung Pada Alam yang Baik! Semangat Orang Muda Menjaga Bumi Indonesia "