Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Almamater Ganjar Pranowo, sang Capres Alumni Mana?

Sumber: https://sahabatganjar.com/wp-content/uploads/2023/09/4-keberhasilan-ganjar-pranowo-selama-menjadi-gubernur-jawa-tengah-YdPZulqMmw-3.jpg

Siapa yang tidak mengenal nama Ganjar Pranowo? Nama politikus yang lahir di Kabupaten Karanganyar ini kian melejit setelah dipastikan akan maju sebagai calon presiden dari Partai Demokrasi Perjuangan atau PDIP.  Mendengar kabar ini, tidak sedikit orang yang penasaran dengan almamater Ganjar Pranowo. Tokoh satu ini lulusan mana? 

Terkait almamater Ganjar Pranowo memang banyak yang bertanya-tanya. Kemampuannya dalam berorganisasi dan berpolitik merupakan hasil dari proses belajar selama menempuh pendidikan formal dan organisasi. Apalagi santer kabar bahwa Ganjar merupakan seorang aktivis pada saat menyelesaikan pendidikan tingkat tinggi. 

Almamater Ganjar Pranowo 

Setelah resmi mencalonkan diri sebagai kandidat presiden di pemilihan umum tahun 2024 mendatang, banyak yang ingin tahu lebih banyak tentang suami dari Siti Atiqoh Supriyanti ini. Agar tidak semakin penasaran, simak fakta tentang Ganjar Pranowo berikut ini!

Tertarik dengan politik dari sebelum kuliah

Ayah dari satu anak cowok yang bernama Muhammad Zinedine Alam Ganjar ini ternyata sudah jatuh cinta terhadap dunia politik sejak duduk di bangku SMA. Waktu itu, pada saat pulang dari membeli kaset, Ganjar muda terlibat aksi unjuk rasa. 

Pada kesempatan tersebut, tokoh politik yang sangat bersahaja ini mendapat wejangan terkait dunia politik dari senior yang ditemui saat unjuk rasa. Dari sini semangat berpolitik terus meletup hingga akhirnya suami dari Siti Atiqoh Supriyanti ini maju sebagai kandidat presiden di pemilu mendatang. 

Menyelesaikan S1 di Fakultas Hukum

Sosok yang pernah dua kali menjadi orang nomor satu di provinsi Jawa Tengah ini terkenal sangat dekat dengan masyarakat yang dipimpinnya. Bahkan tidak jarang pada saat perjalanan dinas, Ganjar turun dari mobil untuk berjabat tangan dengan warga. Baik tua muda, besar kecil, pria maupun wanita yang menjadi warganya selalu mendapat sambutan ramah saat bertemu. 

Ganjar diketahui menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Hukum. Ini yang menjadi bekal dalam berkarir di bidang politik dan pemerintahan. Kemampuannya terbukti dapat membawa Jawa Tengah memperoleh berbagai penghargaan selama dua kali periode kepemimpinannya. 

Jiwa Politik Terus Terasah Selama Kuliah

Pada saat menempuh pendidikan Strata 1 atau S1, Ganjar seolah menemukan wadah yang sangat tepat untuk menggembleng dan mengasah kemampuannya dalam berorganisasi yang menjadi bekal ketika turun di kancah politik. Ganjar sempat menjabat sebagai ketua organisasi Majestic-55 pada periode 1988-1990. 

Semasa kuliah, Ganjar juga terlibat dalam Gerakan Demokrat Kampus atau Gedek. Sebagai bentuk eksistensinya, pada saat aktif di Gedek, Ganjar membuat gerakan “Bangkit” dan gerakan “Generasi Demokrasi Kampus”. 

Kegiatan-kegiatan di kampus itu lah yang semakin mengasah kemampuan dan mengobarkan semangat untuk terjun dalam organisasi dan dunia politik. Lantas, dimana almamater Ganjar Pranowo? Sampai saat ini pertanyaan tersebut masih banyak yang menanyakan karena rasa penasaran atas kepiawaian tokoh politik yang maju sebagai calon presiden di pemilu tahun 2024 mendatang. 

Almamater Ganjar Pranowo 

Tidak sedikit orang yang dibuat penasaran dan menebak-nebak dimana calon presiden dari PDIP ini menyelesaikan pendidikan sehingga sangat mahir memimpin masyarakat.

Kemampuannya dalam memimpin masyarakat terbukti selama dua kali periode sebagai Gubernur Jawa Tengah sudah membawa provinsi tersebut mencapai kemajuan dan mendapat berbagai jenis penghargaan.

Putra dari pasangan Pramuji dan Sri Suparmi ini menyelesaikan pendidikan Strata 1 atau jenjang S1 di Universitas Gajah Mada atau UGM dan mengambil Fakultas Hukum. Sedangkan untuk S2 diselesaikan di Universitas Indonesia. 

Cukup banyak yang penasaran, kenapa Ganjar membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan S1, yaitu masuk UGM di tahun 1987 dan lulus di tahun 1995.

Hal ini disebabkan selama menempuh pendidikan S1 Ganjar sempat mengambil cuti karena masalah ekonomi keluarga. Kini pertanyaan dimana almamater Ganjar Pranowo sudah terjawab, tokoh politik tersebut alumni dari UGM dan UI. 

Posting Komentar untuk "Almamater Ganjar Pranowo, sang Capres Alumni Mana?"