Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Mira Susanti: Inisiator Green Lady Indonesia

Mira Susanti | Sumber: https://pilarteduh.com

Dalam kesempatan yang baik ini marilah kita mengenal sosok perempuan hebat bernama Mira Susanti. Wanita yang akrab dipanggil dengan sapaan Mira ini berasal dari Yogyakarta, alamat lengkapnya yakni di Perumahan Grand Shafa No. D1, Gg.Melati, Ngajeg, Tirtomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman,Yogyakarta. Mira merupakan alumni dari Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta dan merupakan CO-Founder Bidan Inisiator Indonesia. 

Mira Susanti merupakan salah satu pemenang Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards dari Provinsi Daerah Istimewa (D.I) Yogyakarta kategori individu. Perempuan hebat ini memenangkan bidang kesehatan dengan program Green Lady Indonesia di Tahun 2021. 

Mira merupakan salah satu perempuan hebat yang menaruh perhatian lebih terhadap Kesehatan reproduksi perempuan Indonesia. Melalui sosialisasi dan edukasi, Mira berjuang untuk menyadarkan kaum perempuan betapa pentingnya menjaga reproduksi sedini mungkin. Hingga perjuangan tersebut tidak berakhir sia-sia dimana inisiator di bidang kesehatan ini memenangkan Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards.

Kisah Perjuangan Mira Susanti Sadarkan Pentingnya Kesehatan Reproduksi Perempuan Indonesia
Mira Susanti menjadi salah satu wanita yang patut diteladani berkat perjuangannya dalam menyadarkan pentingnya kesehatan reproduksi, dimana permasalahan ini seringkali diabaikan oleh kaum hawa sendiri. Padahal, kita ketahui bersama bahwa kesehatan reproduksi merupakan salah satu faktor penting yang harus mendapat perhatian lebih. Edukasi terkait Kesehatan reproduksi sudah selayaknya didapatkan sejak usia dini hingga lansia sekalipun, baik yang berstatus masih single maupun sudah berumah tangga.

Salah satu program yang dilakukan Mira yakni pelatihan pembuatan pembalut dari kain. Melalui pelatihan ini diharapkan masyarakat dapat menggunakan pembalut ramah lingkungan, efektif, efisien, dan tentunya ekonomis karena tidak sekali pakai. Tentu untuk menjalankan program yang keren ini Mira berkolaborasi dengan ahli bidang Kesehatan, seperti dokter, bidan, konselor kesehatan reproduksi, hingga pemangku kepentingan di daerah setempat. Sehingga, program yang dilakukan dapat menyentuh banyak lapisan masyarakat.

Program Green Lady Indonesia memfokuskan edukasinya kepada perempuan usia productid yakni kisaran umur 15-49 tahun di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Kisah perjuangan Green Lady Indonesia ini dimulai dengan berbasis online sehingga mampu menjangkau seluruh perempuan di Indonesia. Kemudian, dilanjutkan pada tahun 2020 program digelar secara offline di Ponorogo dan tahun 2022 di daerah Prambanan. Berkat perjuangannya selama 2 tahun ini, Mira Susanti sudah berhasil mengedukasi lebih dari 6000 perempuan di Indonesia.

Menebar Manfaat untuk Perempuan Indonesia

Mira Susanti memfokuskan Green Lady Indonesia sebagai jembatan untuk memberikan edukasi terhadap perempuan Indonesia dari orang-orang profesional di bidangnya. Mira Susanti juga memberdayakan penduduk di Dusun Depok, Desa Nglewan, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo untuk membuat pembalut kain dan beralih dari pembalut sintetis.

Sebanyak 6 orang di desa binaan tersebut sudah memiliki keahlian dalam membuat pembalut kain, bahkan ada peserta yang mampu membuat pembalut kain layak jual dan kemudian mitra jahit Green Lady Indonesia. Keberadaan desa binaan tersebut mampu memberikan pengaruh yang besar dari segala aspek, baik keterampilan SDM, ekonomi, hingga ranah pengetahuan.

Program luar biasa ini tentu sejalan dengan komitmen ASTRA dalam membangun Indonesia dalam kegiatan Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang bertemakan “Bangkit Bersama untuk Indonesia”. Green Lady Indonesia yang diinisiasi oleh Mira Susanti patut menjadi contoh kontribusi masyarakat Indonesia dalam membangun negaranya.

Posting Komentar untuk "Mira Susanti: Inisiator Green Lady Indonesia"