Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Tahapan Seleksi untuk Mengisi Lowongan Pekerjaan di Telkom

Sumber: https://img.freepik.com/

Setiap ada informasi lowongan pekerjaan di Telkom, pasti peminatnya selalu membludak. Bagi Anda yang tertarik untuk bekerja di Perusahaan bonafit ini harus mempersiapkan diri dengan baik. Tahapan seleksi yang dilakukan Telkom cukup banyak. Agar bisa lolos, semua kandidat harus bisa menyelesaikan semua tahap seleksi tersebut. 

Dengan persiapan yang matang, kesempatan Anda untuk bisa bekerja di Telkom semakin besar. mungkin ada yang penasaran, kerja di Telkom ngapain aja. Jawaban dari pertanyaan tersebut tergantung posisi yang isinya. Dengan persaingan yang ketat, jika bisa masuk di Perusahaan besar ini tentu merupakan hal yang sangat membanggakan. 

Tahapan Seleksi Lowongan Pekerjaan di Telkom

Telkom Indonesia menyelenggarakan proses seleksi penerimaan karyawan dengan sangat fair dan bisa diikuti oleh siapa saja. Informasi mengenai formasi yang dibutuhkan biasanya di-share di website Telkom. Tahapan seleksi yang dilakukan adalah:

Seleksi administrasi

Seleksi awal yang dilakukan bagi calon karyawan di Telkom adalah administrasi. Pada seleksi awal ini, Anda harus mengisi data administrasi yang tertera pada website Telkom Indonesia. Apabila secara administrasi, seperti usia, jenjang pendidikan dan keahlian yang dibutuhkan memenuhi kualifikasi, Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

Wawancara online

Jika secara administrasi Anda lolos, maka selanjutnya akan diundang untuk wawancara secara online. Pada kesempatan ini penyeleksi akan menilai seberapa kemampuan Anda dalam berkomunikasi yang penting pada saat sudah mulai bekerja.

Anda harus mengikuti durasi dan jadwal wawancara online sesuai yang sudah ditentukan. Jika tidak bisa mengikuti maka Anda didiskualifikasi.

Penulisan essay

Hal yang tidak kalah penting dalam seleksi untuk mendapat pekerjaan di Telkom adalah menulis essay. Essay tersebut harus memuat tema yang sudah ditentukan oleh panitia. Selanjutnya essay yang Anda tulis akan dipublikasikan pada website milik Telkom. 

Dengan demikian ide dan gagasan yang Anda tuangkan akan bisa dibaca oleh banyak orang. Dari apa yang Anda tulis panitia seleksi bisa mengetahui seberapa mendalam Anda menguasai tema yang dibahas.

Surat rekomendasi

Salah satu poin penting dalam seleksi untuk mengisi lowongan pekerjaan di Telkom adalah surat rekomendasi. Surat tersebut biasanya dikeluarkan oleh pihak yang dekat dan pernah mengetahui kapasitas Anda secara langsung. Jika pernah bekerja, rekomendasi bisa berasal dari atasan. Sedangkan untuk fresh graduate surat rekomendasi bisa berasal dari dosen.

Tes kesehatan

Setelah sampai pada tahap keempat, Anda akan menjalankan serangkai tes kesehatan untuk memastikan Anda dalam keadaan dan tidak menggunakan zat yang terlarang seperti narkoba atau yang sejenis. Bentuk tersebut bisa berupa tes urin, darah dan lainnya. 

Psikotes

Psikotes merupakan jenis tes untuk mengetahui kondisi psikologi Anda, seperti kecenderungan, hal yang paling sesuai dan lainnya. Tes psikologi dilakukan secara tertulis dengan jenis soal yang berbeda-beda. 

Permainan bisnis

Permainan bisnis merupakan semacam simulasi yang diberikan kepada peserta seleksi untuk mengetahui kemampuan Anda yang masih terpendam. Dalam memainkan simulasi bisnis ini, Anda akan dimasukkan dalam sebuah tim dan masing-masing tim harus menjalankan untuk mengetahui karakter dan kemampuan Anda dalam memecahkan masalah bisnis. 

Panel wawancara

Terakhir, jika Anda sudah melalui tahapan di atas, sebagai final harus mengikuti panel wawancara. Dalam ini merupakan kompilasi dari tes-tes sebelumnya. Tidak heran jika materinya cukup banyak. tidak sedikit peserta seleksi yang gagal di tahap wawancara. 

Untuk bisa mendapatkan pekerjaan di Telkom, Anda harus melalui rangkaian tes penyaringan. Namun tidak perlu khawatir. Selama menyiapkan diri dengan baik, kemungkinan Anda untuk bisa lolos dan menjadi anggota keluarga besar Telkom Indonesia. 

Posting Komentar untuk "Tahapan Seleksi untuk Mengisi Lowongan Pekerjaan di Telkom"