Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas agar Awet dan Tetap Enak

Sumber https://www.holycowsteak.com/

Daging sapi adalah jenis bahan makanan yang bisa disimpan di kulkas cukup lama tanpa menurunkan kualitasnya. Namun cara penyimpanan daging harus benar jika Anda memang ingin mempertahankan kualitas daging agar tetap enak dikonsumsi. Yuk, kita cari tahu seperti apa cara menyimpan daging sapi di kulkas yang benar sehingga kualitasnya selalu terjaga dengan baik. 

Menyimpan Daging Sapi di Kulkas

Sebelum dikonsumsi, biasanya daging sapi akan disimpan terlebih dahulu di kulkas untuk menjaga kualitasnya. Apalagi jika Anda punya stok daging yang cukup banyak dan tidak ingin dikonsumsi dalam satu waktu. Berikut adalah beberapa cara menyimpan daging sapi yang sebaiknya Anda terapkan:

Hindari Mencuci Daging

Daging sapi mentah bisa langsung dimasukkan di freezer tanpa harus dicuci terlebih dahulu. Mencuci daging hanya akan membuat daging terkontaminasi bakteri. Kita tidak pernah tahu apakah air yang dipakai untuk mencuci daging benar-benar bersih atau sudah terkontaminasi bakteri. Jadi lebih aman tidak mencuci daging sapi sebelum disimpan. 

Lalu, bagaimana jika Anda merasa bahwa daging sapi kotor dan tidak seharusnya dimasukkan langsung ke kulkas? Perlu diketahui bahwa bakteri pada daging juga tidak akan mati jika hanya dicuci pakai air mengalir. Bakteri pada daging hanya bisa mati lewat proses pengolahan. 

Potong Daging sebelum Disimpan

Lebih baik potong-potong dulu daging sapi sebelum disimpan di kulkas. Potonglah daging sapi sesuai kebutuhan Anda setiap kali memasak. Jika Anda ingin memasak daging sapi, Anda bisa langsung mengambil secukupnya. 

Apabila Anda memasukkan daging secara utuh, maka saat ingin memasak Anda harus mengeluarkan daging lalu memasukkan sisanya kembali ke kulkas. Daging yang keluar masuk freezer berulang kali tentu akan menurun kualitasnya dan tidak bisa bertahan awet. 

Segera Masukkan ke Kulkas

Sebisa mungkin, langsung masukkan daging sapi ke kulkas begitu selesai dipotong-potong. Jangan membiarkan daging terlalu lama berada di suhu ruang. Ini bisa membuat kualitas daging jadi menurun. Jadi lebih baik segera potong-potong sesuai kebutuhan kemudian simpan ke kulkas secepatnya. 
Letakkan pada Kemasan yang Tepat

Cara menyimpan daging sapi di kulkas yang benar adalah dengan meletakkannya di kemasan yang tepat. Jika Anda membeli daging yang sudah dikemas dalam plastik vakum maka tidak perlu dikeluarkan. Biarkan saja daging tetap tersimpan di sana. Namun jika daging belum dikemas, maka Anda bisa menggunakan wadah yang kedap udara. 

Khusus untuk daging yang ingin dibekukan, Anda bisa memakai bungkus plastik dan pastikan benar-benar rapat. Perhatikan baik-baik, jangan sampai ada banyak udara yang menempel di daging agar tidak merusak kualitasnya. 

Berikan Label Tanggal Penyimpanan

Sebaiknya Anda memberikan label tanggal penyimpanan pada kemasan daging sapi yang disimpan di kulkas. Label ini akan membantu Anda untuk memakai daging sesuai tanggal penyimpanan. Prinsipnya mudah, first in first out dimana Anda akan memakai daging yang disimpan pertama kali lebih dahulu. 

Sistem first in first out ini akan membantu Anda meminimalkan daging yang sudah tidak layak konsumsi karena disimpan terlalu lama. Jadi daging yang sudah lebih dulu masuk kulkas bisa langsung dipakai dan begitu juga seterusnya secara berurutan. 

Pastikan Suhu Kulkas Stabil

Anda juga harus memperhatikan suhu kulkas dan pastikan selalu stabil. Daging sapi bisa bertahan di dalam freezer kurang lebih selama 6 bulan dalam suhu -18 derajat celcius. Jagalah suhu tersebut selalu stabil sehingga kualitas daging juga akan terjaga dengan baik. 

Jangan lupa jaga kondisi kulkas selalu bersih. Hindari menyimpan terlalu banyak benda di kulkas. Jika ada bahan-bahan makanan yang sudah tidak layak maka bisa langsung dibuang saja daripada mengotori kulkas dan membuat suhunya tidak stabil. Kulkas yang bersih dan suhu yang stabil akan membantu menjaga kualitas daging tetap bagus sampai waktunya dikonsumsi. 

Cobalah untuk menerapkan semua cara menyimpan daging sapi di kulkas tadi. Jika cara penyimpanannya benar, maka kontaminasi bakteri pada daging bisa diminimalkan. Selain itu daging juga jadi lebih awet dan rasanya pun tetap enak sehingga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan untuk keluarga. 

Posting Komentar untuk "Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas agar Awet dan Tetap Enak"