Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Ukuran Standar Pintu Rumah, Agar Nyaman Ketika Masuk Rumah

Sumber : https://www.freepik.com/

Ukuran standar pintu rumah pada dasarnya memiliki ukuran yang berbeda-beda. Utamanya untuk pintu rumah yang berada paling depan pintu yang merupakan sirkulasi penghuni dari luar rumah atau antar ruang di dalam rumah, tidak hanya ukuran yang perlu diperhatikan.

Bagaimana sisi estetik serta gayanya, biasanya juga berbeda tergantung dari kesukaan pemilik rumah. Di Indonesia yang umumnya satu rumah memiliki pintu dengan satu ukuran, ada baiknya hal tersebut kini mulai dipertimbangkan. Sebab, lebih baik apabila ukuran pintu rumah di sesuaikan dengan fungsi dan desain ruang di rumah secara keseluruhan.

Standar Ukuran Pintu Rumah yang Wajib Anda Ketahui

Dalam sebuah rumah, lazimnya terdapat beberapa pintu untuk ruang-ruang tertentu dan biasanya ukurannya berbeda-beda. Namun, ada pula yang menerapkan ukuran standar pintu rumah 2 pintu dengan ukuran yang seragam. Tidak masalah sebenarnya. Akan tetapi, alangkah baiknya jika ukuran tersebut dapat disesuaikan dengan fungsi ruangan masing-masing. Berikut adalah referensi ukuran standar pintu dalam sebuah rumah:

Ukuran Pintu Utama

Untuk ukuran pintu utama, secara umum ukurannya adalah tinggi mencapai 200 hingga 250 cm dengan lebar antara 60 hingga 100 cm. Akan tetapi, rata-rata ukuran pintu utama sebuah rumah adalah 90 x 210 cm dengan 1 daun pintu. Tidak disarankan ukuran standar pintu rumah di bawah angka tersebut. 

Dikhawatirkan ukuran yang berada di bawah angka lazim, pintu rumah akan kekecilan dan sulit ketika ada barang besar keluar masuk rumah. Misalnya perabotan atau yang lain. Adapun jika Anda menginginkan pintu rumah yang lebar, bisa memilih pintu rumah dengan dua daun pintu masing-masing 60 cm.

Pintu Kamar

Rata-rata ukuran pintu kamar adalah 80 x 190 cm. Adapun ukuran lebar minimumnya adalah 75 cm. Tidak disarankan memiliki pintu kamar dengan ukuran di bawah angka tersebut karena tentu akan merasa kesulitan ketika akan memasukkan barang ke dalam kamar. Memiliki kamar dengan ukuran pintu yang lebih besar bisa menjadi pilihan agar bebas keluar masuk.

Ukuran Pintu Minimalis

Ukuran standar pintu rumah untuk rumah minimalis pada dasarnya hampir sama dengan ukuran pintu yang disebutkan di atas. Perbedaannya adalah terletak dari gaya dan penampilan pintu tersebut. Sesuai dengan namanya, penampilan dan gayanya tentu lebih sederhana, minimalis dan efisien. Namun, bahan yang digunakan biasanya lebih berkualitas. Untuk referensi pintu rumah minimalis bisa kamu intip di Citra Rayon, dimana kamu akan mendapatkan berbagai pilihan pintu minimalis yang beragam.

Ukuran Pintu Rumah Mewah

Ukuran pintu rumah mewah pastinya akan lebih berbeda dengan ukuran standar pintu rumah pada biasanya. Memiliki dana yang lebih banyak, akan lebih mudah pula untuk membuat pintu rumah yang lebih besar, lebar dan bagus penampilannya.

Bahkan tidak jarang yang memilih pintu rumah secara custom agar nampak lebih indah dan berbeda. Menggunakan bahan yang berkualitas dan estetik. Ada pula yang membuat pintu rumah dengan ukuran yang lebih tinggi yakni mencapai tinggi 250 cm dan lebar 140 cm. Bahkan ada yang membuat ukuran pintu sama tingginya dengan dinding rumah, lho.

Well, berapapun ukuran standar pintu rumah pada dasarnya harus disesuaikan dengan fungsinya yakni bisa digunakan sebagai tempat keluar masuk yang nyaman. Membuat ukuran pintu yang lebih kecil, pastinya akan membuat susah siapapun yang akan masuk atau kesulitan ketika akan memasukkan barang. 

Membuat ukuran yang lebih besar juga akan membuat kamu mengeluarkan dana yang lebih besar baik dalam pembuatannya atau untuk perawatannya. Apabila ingin menemukan pintu rumah yang pas dan sesuai idaman bisa menggunakan produk dari Citra Rayon yang terkenal berkualitas dan sesuai dengan standar ukuran rumah pada umumnya.

Posting Komentar untuk "Ukuran Standar Pintu Rumah, Agar Nyaman Ketika Masuk Rumah"