Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Memahami Pengertian Sistem Pembayaran Beserta Manfaatnya

Sumber : https://www.freepik.com/

Anda pasti sudah sering mendengar kata sistem pembayaran. Namun tahukah Anda apa sebenarnya pengertian sistem pembayaran tersebut, dan bagaimanakah manfaatnya? Seperti yang Anda ketahui, masing-masing negara memiliki sistem pembayaran yang sah, begitu juga Indonesia. 

Dengan adanya sistem pembayaran ini maka semua transaksi jual beli akan berjalan dengan lancar. Supaya lebih jelas, silakan Anda simak informasi yang berkaitan dengan sistem pembayaran berikut ini.

Apa itu Sistem Pembayaran

Sistem pembayaran adalah suatu sistem yang memiliki cakupan berbagai aturan, lembaga serta mekanisme yang digunakan untuk membuat perpindahan dana. Gunanya untuk memenuhi suau kewajiban yang muncul akibat adanya kegiatan ekonomi.

Adapun pengertian Bank Indonesia, sistem pembayaran merupakan kegiatan untuk memindahkan dana dari satu pihak ke pihak lain. Sistem ini juga terdiri dari berbagai komponen seperti jenis alat pembayaran, kliring, serta settlement.

Pada pelaksanaannya, sistem pembayaran ini melibatkan banyak pihak. Misalnya saja, individu, bank atau lembaga keuangan lainnya. pelaksanaannya pun menggunakan instrumen tunai dan non tunai bergantung pada pilihan masyarakat itu sendiri.

Manfaat Sistem Pembayaran

Sistem pembayaran memiliki manfaat untuk mendukung kestabilaan keungan dan kondisi perbankan pada suatu negara. Ketika keuangan stabil, sudah barang tentu masyarakat menjadi lebih mudah dalam mencukupi semua kebutuhannya. Entah itu kebutuhan sandang, pangan maupun papan. 

Di Indonesia, sistem pembayaran terus mengalami perkembangan yang signifikan hingga saat ini. Bisa Anda lihat sendiri, pembayaran tersebut tak hanya dalam bentuk tunai saja namun juga berupa non tunai. Kedua metode pembayaran ini memiliki manfaat masing-masing, yaitu:

Manfaat Sistem Pembayaran Secara Tunai

Pembayaran secara tunai bisa dikatakan sebagai metode pembayaran yang konvensional karena masih menggunakan uang tunai. Namun cara pembayaran yang satu ini tetap berlaku dan kebanyakan diterapkan oleh masyarakat yang berada di kota kecil. 

Walaupun sebenarnya di wilayah perkotaan pun masih banyak yang menggunakan uang tunai akan tetapi cenderung dipakai untuk transaksi bernilai kecil. Sedangkan untuk transaksi bernilai besar, orang-orang lebih suka menggunakan cashless, salah satunya adalah kartu kredit.

Dari sini bisa Anda ketahui dengan jelas kalau manfaat pembayaran tunai salah satunya adalah mencegah Anda dari keinginan untuk berutang. Dengan menggunakaan uang tunai Anda otomatis akan menyelesaikan transaksi secara langsung pada saat itu juga.

Manfaat lain dari menggunakan uang tunai yaitu mencegah Anda dari  pemborosan. Anda akan mampu mengerem keinginan untuk membeli sesuatu yang sebenarnya belum perlu.

Manfaat Sistem Pembayaran Non Tunai

Pembayaran secara non tunai memang sangat populer terutama di masa yang teknologinya serba canggih seperti sekarang. Anda tak perlu repot membawa uang tunai karena kini transaksi bisa dilakukan secara cashless. Misalnya dengan menggunakan kartu kredit, debit, e-wallet dan lain sebagainya. 

Jika melihat sistem pembayaran non tunai ini, bisa Anda lihat sendiri banyak sekali manfaat jika menggunakannya. Utamanya dari segi kepraktisan dan kemudahan dalam bertransaksi. Selain itu, metode ini memiliki manfaat yang lain seperti:

• Transaksi bisa dilakukan lebih cepat
• Sangat fleksibel
• Perlindungan keamanan tinggi
• Pencataan keuangan lebih rapi

Salah satu sistem pembayaran non tunai yang bisa Anda manfaatkan adalah open banking yakni BRIAPI yang merupakan kependekan dari BRI Application Programming Interface. BRIAPI membantu para nasabah BRI yang akan bertransaksi menggunakan platform apapun. Misalnya belanja online di e-commerce, membayar biaya untuk pendidikan dan lain sebagainya.

Semua transaksi tersebut bisa Anda selesaikan dengan menggunakan layanan BRI yakni BRIVA, direct debit serta fund transfer. Bukan itu saja, Anda pun dapat bertransaksi di berbagai merchant dengan menggunakan QRIS melalui platform yang Anda punya. Itulah informasi mengenai sistem pembayaran serta manfaatnya. Semoga berguna ya!

Posting Komentar untuk "Memahami Pengertian Sistem Pembayaran Beserta Manfaatnya"