Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

4 Universitas Terbaik di Turki

Sumber : https://www.pexels.com/

Kuliah di luar negeri pasti jadi impian semua orang. Salah satu negara yang memiliki mutu pendidikan terbaik adalah Turki. Negara ini dikenal sebagai destinasi para pencari beasiswa untuk melanjutkan studi lantaran banyak bidang studi yang bisa diambil dan biaya hidup yang murah.

Tanpa beasiswa dan hanya mengandalkan KTA pun, kamu tetap bisa melanjutkan kuliah di negeri dua benua dengan mudah. Sebab, biaya pendidikan dan hidup di sana akan didukung dengan kredit tanpa agunan yang memiliki limit tinggi. 

Hal yang Perlu Disiapkan untuk Kuliah di Turki

Sebelum memilih universitas di Turki, tentu ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan. Berikut persiapannya. 

1. Pilih Cara Pembiayaan Kuliah

Kamu bisa memilih biaya kuliah secara mandiri dengan KTA instan atau melalui beasiswa. Pasalnya, pemerintah Turki sendiri menyediakan program beasiswa Turkiye Burslari untuk mahasiswa internasional dengan pembiayaan penuh sampai lulus. 

Selain itu, ada pula beasiswa dari masing-masing universitas yang bisa diambil dengan besaran yang beragam, mulai dari Rp3.000.000 - Rp15.000.000 per semester. 

Bila tidak memperoleh beasiswa, kamu tetap bisa membiayai pendidikan di Turki menggunakan pinjaman KTA secara mandiri. 

2. Siapkan Dokumen Pendaftaran

Seperti kuliah di Indonesia, ada dokumen yang harus kamu siapkan untuk melanjutkan studi di Turki. Di antaranya: 

• Ijazah dari pendidikan sebelumnya. Misal, ijazah SMA atau S1

• Transkrip nilai

• Untuk jenjang S2 atau S3, perlu membuat proposal riset

• Paspor

• Hasil UAN untuk lulusan SMA/SMK yang ingin melanjutkan S1

• Toefl atau IELTS dengan skor di atas minimal. 

Rekomendasi Universitas Terbaik Turki

Nah, berikut rekomendasi universitas terbaik yang ada di Turki, yang bisa jadi pilihanmu. 

1. Cankaya University

Universitas ini menempati peringkat 173 dunia menurut U.S News and World Report. Cankaya University berdiri di tahun 1997, jadi bisa dikatakan masih muda daripada universitas lainnya. 

Akan tetapi, pada tahun 2022, Cankaya jadi satu-satunya perguruan tinggi di Turki yang sukses mempertahankan posisinya di ranking dunianya dalam empat tahun secara berturut-turut.

Ada banyak jurusan yang bisa kamu ambil dari Cankaya University. Seperti, computer science, psychology, physical sciences, social sciences, arts and humanities, engineering and technology. 

Kamu juga bisa mengambil kuliah persiapan bahasa Inggris terlebih dahulu bila memilih jurusan yang menggunakan bahasa pengantar Inggris. 

2. Koc University

Menempati posisi ke-679 dalam U.S News and World Report Ranking, Koc University lahir di tahun 1992. Perguruan tinggi yang terletak di Istanbul ini memiliki 22 program sarjana, 29 program untuk pascasarjana, serta 30 program untuk doktoral. 

Kamu dapat memilih jurusan sesuai yang diminati. Seperti, physics, law, engineering, nursing and medicine, social sciences and humanities, serta administrative sciences and economics. 

Keunggulan Koc University adalah bahasa pengantar yang digunakan selama pembelajaran, rata-rata adalah Bahasa Inggris, kecuali jurusan nursing atau law. Jadi, kamu bisa tenang mengikuti perkuliahan.

3. Sabanci University

Universitas terbaik di Turki ketiga menurut peringkat dunia adalah Sabanci University yang berdiri dari tahun 1994 dan berada di Istanbul. 

Universitas ini menerapkan pendidikan dengan pendekatan multidisipliner, yang mana mahasiswa mendapatkan kebebasan untuk memilih program yang diinginkan sehingga memperoleh pengetahuan yang luas. 

Setelah berhasil lolos, mahasiswa dibebaskan untuk memilih kelompok program yang ingin diikuti. Di universitas ini, ada 3 kelompok ternama, yaitu: 

• FENS untuk peminatan studi computer science and engineering, industrial engineering, electronics engineering, mechatronics engineering, material science and nanoengineering, genetics and bioengineering, molecular biology. 

• FASS bagi yang minat belajar tentang political science and international relations, economics, psychology, visual arts and visual communication design. 

• YB untuk yang tertarik mendalami ilmu management science. 

4. METU (Middle East Technical University)

Universitas ini berorientasi riset dan terkenal dengan kualitas pendidikan di jurusan engineering atau natural sciences. Perguruan tinggi yang berada di Ankara ini memiliki banyak jurusan yang bisa dipilih. 

Seperti Natural Sciences, Architecture, Engineering, Arts and Sciences, Administrative Sciences, Education, Informatics, Applied Mathematics,Marine Sciences, Social Sciences. 

Kamu bisa kuliah di METU menggunakan beasiswa universitas atau mendaftar di program beasiswa pemerintah. Pasalnya, tidak ada aplikasi khusus untuk memperoleh beasiswa dari METU, sebab setiap tahun mahasiswa akan dievaluasi untuk memperoleh keringanan biaya pendidikan. 

Kelebihan Kuliah di Turki

Sumber : https://www.pexels.com/

Melanjutkan pendidikan di negeri dua benua ini memiliki keunggulan tersendiri. Di antaranya: 

1. Kualitas Pendidikannya Sudah Diakui

Banyak universitas terbaik dan ternama di Turki yang memiliki standar pendidikan layaknya universitas di Eropa. Bahkan, lulusan dari perguruan tinggi di Turki juga diakui dunia dan memudahkanmu untuk memperoleh pekerjaan atau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. 

2. Bisa Napak Tilas Tentang Sejarah Peradaban Islam

Turki memiliki sejarah peradaban Islam yang sangat kuat. Di negara inilah, khilafah Utsmaniyah terakhir mengakhiri kekuasaannya. Selain itu, ada banyak tempat-tempat bersejarah yang bisa kamu datangi selama menempuh pendidikan di Turki. 

Manfaatkan digibank KTA untuk Pendidikan

Kuliah di Turki akan lebih menyenangkan dan masalah biaya juga aman jika kamu mengajukan KTA instan. Salah satunya adalah digibank KTA. Kamu bisa mengajukan online 24 jam, dimana saja dan kapan saja melalui Aplikasi digibank by DBS atau go.dbs.com/kta.

Approvalnya juga cepat dalam 60 detik. Setelah itu, dana langsung cair ke rekening digibank by DBS hingga Rp200 juta. Kamu bebas atur jumlah dana KTA sesuka hati dan cicilan hingga 36 bulan.

Tanpa perlu dokumen fisik kamu hanya perlu memiliki e-KTP dan NPWP, berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, atau Semarang, dan gaji perbulannya minimum Rp5 juta.

Tunggu apalagi? Segera apply digibank KTA sekarang juga dan dapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan di universitas terbaik Turki. Cek informasi lengkapnya di https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan.

Posting Komentar untuk "4 Universitas Terbaik di Turki"