Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

UMKM itu Apa? Berikut Penjelasan dan Peran PT Sriboga Raturaya dalam Pengembangannya

Sumber: https://www.sriboga.com/
Mitra UKM SRIBOGA

Sampai saat ini masih banyak yang bertanya, UMKM itu apa? Istilah ini berkaitan dengan jenis atau pengelompokkan usaha berdasarkan modal dan transaksi yang dikelolanya. UMKM merupakan kependekan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Sektor bisnis ini adalah jenis yang paling banyak dikelola masyarakat Indonesia. 

Peran UMKM dalam perkembangan bisnis sangat besar. dalam sektor yang lebih kecil dari UMKM, dikenal istilah UKM. Lantas apa itu UKM dan UMKM? Untuk bisa memahami hal ini cukup mudah. UKM kependekan dari Usaha Kecil dan Menengah. UKM merupakan bagian dari UMKM, jadi keduanya saling berkaitan. 

Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia

Sumber: https://www.sriboga.com/

Menghadapi naik turun kondisi ekonomi global, termasuk ketika dihantam krisis dan resesi UMKM merupakan jenis usaha yang paling kuat. Meski terimbas, namun pengelola UMKM cepat bangkit dan menjalankan bisnisnya kembali. Geliat dari kemajuan bisnis ini menarik jenis usaha lain untuk kembali berkontribusi pada perkembangan ekonomi Indonesia. 

Dalam menjalankan usahanya, pengelola UKM dan UMKM perlu dukungan dari berbagai bidang, baik penyedian bahan baku, tenaga kerja, produsen pendukung maupun marketing. Dengan bersinergi, UMKM mampu berkontribusi pada kemajuan ekonomi dan mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia karena menyerap banyak tenaga kerja. 

Peran PT Sriboga Raturaya dalam Industri UKM

PT Sriboga Raturaya merupakan perusahaan terigu yang secara langsung berkontribusi terhadap perkembangan UKM di Indonesia. Saat ini banyak yang mengembangkan bisnis dengan menggunakan bahan utama tepung terigu. Komitmen dari PT Sriboga Raturaya diwujudkan dengan mendirikan Sriboga UKM Center pada tahun 2004 lalu. 

Lembaga ini mempunyai misi untuk membantu dan membimbing pengusaha sektor UKM untuk mengembangkan bisnisnya. Untuk menjawab pertanyaan apa itu UKM dan UMKM serta bagaimana berkontribusi dalam keberlanjutan usaha ini, Sriboga memberikan berbagai bentuk dukungan. 

Bentuk Dukungan PT Sriboga Raturaya

Dukungan dari Sriboga dilakukan dalam berbagai lini sehingga dampaknya bisa segera dirasakan oleh pemilik UKM baik yang masih baru maupun yang sudah lama mengelola bisnisnya.  Beberapa dukungan tersebut berupa:

Manajemen bisnis UMKM

Dalam menjalankan misinya, Sriboga menggandeng berbagai perguruan tinggi, antara lain UNDIP, UNSOED dan Universitas Nahdlatul Ulama Jepara serta institusi untuk memberikan pelatihan manajemen bisnis. Dengan demikian pebisnis lebih bisa mengelola dan memajukan usahanya. selain itu juga memberikan berbagai pelatihan pembuatan kue. 

Kelas UMKM Sriboga

Sriboga menyadari bahwa UMKM bukan hanya perlu bantuan dengan penyediaan bahan berkualitas, tetapi juga pengemasan produk dan branding sehingga nilai jual hasil produksinya lebih tinggi. Selain itu, pelatihan juga diberikan dalam bentuk kelas negosiasi, manajemen, pemasaran digital dan manajemen SDM. 

Pertemuan rutin komunitas

Jika ingin mengetahui UMKM itu apa, bisa bertanya pada pelaku usaha yang rutin mengadakan pertemuan. Media ini menjadi tempat untuk berinteraksi, bertukar pikiran diskusi, edukasi dan kegiatan kemasyarakatan lain sehingga secara organisasi pelaku UMKM bisa saling mendukung. 

Pendampingan oleh tim magang

Sriboga sebagai salah satu perusahaan besar di Indonesia juga memperhatikan perkembangan SDM di masa mendatang. Salah satu programnya adalah dengan memberikan beasiswa. Penerima yang telah lulus dilibatkan dalam program magang untuk memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM sehingga bisa meningkatkan manajemen dan mengembangkan bisnis yang dikelolanya. 

Bekerja sama dengan pusat oleh oleh

Sebagai langkah untuk membantu pemasaran produk dari UKM binaan, PT Sriboga Raturaya juga menjalin kerja sama dengan pusat oleh-oleh, terutama di Semarang sebagai partner dalam memasarkan produk. Cara ini membuka peluang bagi pemilik usaha untuk mendapatkan keuntungan dan terus mengembangkan bisnisnya. 

Sebagai pengenalan dan memberikan penjelasan kepada masyarakat UMKM itu apa, PT Sriboga Raturaya terus berkontribusi. Bukan hanya dalam penyediaan bahan berkualitas, tetapi juga digital marketing dan branding yang mampu mengenalkan usaha UMKM dan produknya sehingga bisa terus berkembang. 

Posting Komentar untuk "UMKM itu Apa? Berikut Penjelasan dan Peran PT Sriboga Raturaya dalam Pengembangannya"