Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Teman Autis, Tebar Harapan demi Lingkungan yang Lebih Baik bagi Penderita Autis


Teman Autis

Penderita autis kerap kali mendapatkan tempat yang kurang nyaman di lingkungan masyarakat. Hal ini sebenarnya cukup miris mengingat teman-teman yang menderita autis sebenarnya sama dengan kita. Mereka juga manusia biasa yang memiliki hak hidup nyaman dan aman tanpa dipandang sebelah mata.
 
Kehadiran Teman Autis

Teman Autis

Tidak bisa dipungkiri bahwa masyarakat saat ini masih menganggap penderita autis sebagai kelompok orang yang berbeda. Kondisi mereka memang berbeda namun posisinya tetap sama dan setara seperti kita semua. Sayangnya, masih banyak yang mengesampingkan para penderita autis dan sulit menerima mereka di lingkungan sosial.

Tantangan untuk masuk ke lingkungan sosial yang dialami oleh para penderita autis memicu kepedulian Alvinia Christiany. Ia dan beberapa teman akhirnya ingin mewujudkan aksi nyata yang bisa membantu para penderita autis agar bisa bergabung dalam kehidupan sosial yang layak.

Mereka hadir lewat sebuah gerakan yang diberi nama Light It Up Project dan kini dikenal sebagai Teman Autis. Melalui gerakan ini, Alvinia dan rekan-rekan di dalamnya berharap bisa merangkul para penderita autis agar bisa menjalani kehidupan yang sama seperti orang-orang lainnya.

Tingkatkan Kesadaran tentang Autis

Alvinia Christiany - Pejuang "Teman Autis"

Langkah awal yang diambil oleh Alvinia Christiany dimulai pada tahun 2017 silam. Pada saat itu masih banyak orang yang tidak paham tentang autis. Mereka memandang autis sebagai kondisi abnormal. Bahkan tidak sedikit orang yang melakukan perundungan terhadap para penderita autis.

Kondisi seperti ini benar-benar miris dan membuat Alvinia bersama teman-teman lain di Teman Autis semakin merasa termotivasi. Mereka mulai memberikan edukasi secara sukarela kepada masyarakat luas mengenai kondisi autis. Memang benar bahwa salah satu alasan terjadi begitu banyak perundungan kepada penderita autis adalah kurangnya edukasi. 

Melalui langkah edukasi ini, Alvinia dan tim Teman Autis berharap agar masyarakat semakin sadar bahwa autisme bukanlah hal yang aneh. Setidaknya di lingkup lingkungan mereka sendiri, kesadaran terhadap autisme semakin meningkat. Diharapkan perilaku perundungan terhadap penderita autis tidak ditemukan lagi.

Ragam Kegiatan Teman Autis

Ada banyak sekali jenis kegiatan yang telah dilakukan oleh tim Teman Autis. Semua rangkaian kegiatan tersebut dilakukan untuk satu tujuan yaitu mengedukasi masyarakat tentang autis. Jenis kegiatannya mulai dari jalan sehat bersama, seminar, webinar yoga, dan masih banyak lagi. 

Teman Autis juga mengadakan berbagai jenis kegiatan penggalangan dana bagi penderita autis. Salah satunya adalah event pelelangan lukisan yang diadakan pada tahun 2018 lalu. Penggalangan dana ini dilakukan untuk membantu teman-teman penderita autis yang membutuhkan. 

Semua jenis event yang diadakan oleh Teman Autis memiliki tujuan yang mulia bagi para penderita autis. Bahkan di tahun 2022 ini mereka mengadakan seminar karir bagi penderita autis. Jadi lewat event tersebut, Teman Autis berharap orang-orang yang mengalami autis bisa tetap mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai dengan passion mereka masing-masing. 

Terus Menebar Kebaikan

Teman Autis terus menyebar kebaikan hingga detik ini. Berbagai jenis event telah mereka selenggarakan. Tujuannya masih sama, memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai autisme. Jika edukasi diberikan terus-menerus maka masyarakat akan semakin akrab dengan penderita autis dan bisa menerima mereka di tengah lingkungan sosial. 

Teman Autis juga kerap membuka booth agar bisa semakin dekat berbaur dengan masyarakat. Tim yang bergabung dengan Teman Autis terus memberikan edukasi dan berusaha merangkul para penderita autis agar merasa percaya diri. Tentu saja dengan semua upaya yang dilakukan oleh Teman Autis ini diharapkan para penderita autis bisa mendapatkan tempat yang sama di lingkungan sosial. 

Sampai saat ini usaha yang dilakukan oleh tim Teman Autis memang terus membuahkan hasil. Kesadaran masyarakat mengenai autisme terus meningkat. Kini penderita autis tidak lagi disisihkan dan bisa dirangkul dengan baik di tengah kehidupan sosial. 

Mari bersama-sama bantu kerja keras Teman Autis untuk mengedukasi masyarakat tentang autisme. Bisa dimulai dengan mengedukasi diri sendiri dan merangkul para penderita autis di sekitar kita. Bersama-sama kita bisa mewujudkan lingkungan sosial yang jauh lebih nyaman dan baik bagi semua orang, termasuk penderita autis. 

Posting Komentar untuk "Teman Autis, Tebar Harapan demi Lingkungan yang Lebih Baik bagi Penderita Autis"