Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Jakarta Bird Land Ancol, Wisata Baru yang Harus Anda Ketahui

Jakarta Bird Land (JCB)

Sebagai pusat pemerintahan, Jakarta memang mempunyai daya tarik tersendiri. Salah satu tempat yang sering menjadi pusat perhatian wisatawan mancanegara dan lokal di sini adalah Ancol. Apalagi, kini kawasan yang berada di tepi pantai tersebut mempunyai destinasi baru, Jakarta Bird Land Ancol.

Jika sebelumnya di Taman Impian Jaya Ancol sudah ada Sea World, Dunia Fantasi, dan lain-lain, kawasan khusus burung menambah khazanah tempat yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu ini.

Anda sudah tahu konservasi burung yang dimaksud? Yuk, cek di sini sebagai alternatif liburan nanti!

Letak Jakarta Bird Land Ancol

Sesuai dengan namanya, Bird Land terletak di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Wilayah yang meski berada di ujung Jakarta, sangat mudah dijangkau. 

Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan kereta Jabodetabek dan turun di Stasiun Kota untuk kemudian naik angkutan kota. Sementara, bagi pengunjung dari luar kota, kereta jurusan Senen bisa digunakan dan disambung lagi menuju Kota atau langsung angkutan umum. 

Selain kereta, Ancol juga bisa dicapai dengan mudah menggunakan Busway atau angkutan umum lain yang sangat rapi di Jakarta.

Masuk ke Taman Impian Ancol, Anda bisa menuju Sea World yang sudah lebih dulu ada. Letak Jakarta Bird Land Ancol di jalan masuk yang sama dengan tempat konservasi hewan laut itu. 

Sea World ada di sebelah kiri, dan wisata burung di kanan jalan. Harga tiket masuk diketahui Rp75.000 untuk weekday dan Rp95.000 saat weekend dan hari libur nasional. Dana yang Anda keluarkan sudah termasuk tiket masuk kawasan Ancol. Jadi setelah puas di sana, Anda bisa langsung melihat keindahan pantai.

Keunikan Jakarta Bird Land Ancol

Tentu saja pembangunan Bird Land di Ancol menambah eksotik kawasan yang sudah lama menjadi area wisata keluarga. 

Di sini Anda dapat menemukan 7 area khusus yang belum tentu ada di tempat lain, sebagai berikut.

1. American Macaw

Tempat pertama yang bisa Anda lihat adalah American Macaw atau area yang khusus ditinggali burung Makaw Amerika. Di antara semuanya, Scarlet Macaw menjadi yang paling menarik dengan warna bulu merah merona.

2. Indonesian Cockatoo

Tentu saja ada pula area khusus burung khas Indonesia untuk didatangi selanjutnya, yakni Indonesian Cockatoo. Kandang Indonesian Cockatoo berdampingan dengan American Macaw hingga nyaris tanpa batas. 

Di dalamnya ada berbaga jenis kakaktua, di antaranya Kakaktua Jambul Kuning, Kakaktua Alba, dan Kakaktua Raja.

3. Hornbill Family

Hornbill Family merupakan jenis burung yang lebih akrab disebut rangkong. Burung yang mempunyai paruh melengkung dan besar.

4. Aviary Exhibit

Kawasan ini berupa kandang besar, karena diisi oleh burung-burung yang berbahaya alias buas. Anda hanya bisa melihatnya dari jauh.

Salah satu burung yang ada di Aviari Exhibit dan terkenal adalah Elang Laut Dada Putih yang habitat aslinya ada di Pulau Bidadari.

5. Water Bird

Water bird alias burung air menjadi persinggahan selanjutnya bagi Anda yang menjelajahi area baru ini. Cocok dengan namanya, di sini Anda dan keluarga disuguhi aneka burung yang bisa hidup di air, seperti pelican, bebek mandarin, angsa hitam, dan bangau bluwok.

6. Bird Show

Melihat-lihat burung di kandang saja tentu masih belum cukup. Untuk itu, Bird Land juga menyuguhkan atraksi burung-burung mereka. Kepiawaian dan kepintaran burung yang berbeda-beda bisa Anda lihat di panggung Mini Show dengan tribun kecil berkapasitas 150 orang. 

Mini Show dilaksanakan setiap hari selama 3 kali di weekday dan 4 kali saat weekend.

Pada area ini, ada beberapa burung yang bisa diletakkan di pundak, didekati, dan diajak berfoto. Asyik, kan?

7. Free Range Bird

Terakhir, Anda juga akan menemukan area Free Range Bird. Tempat ini dihuni ratusan burung jinak, seperti merpati. Anda dapat mendekati, berfoto, dan memberi mereka makan.

Keren-keren, ya? Anda yang berkunjung ke ibu kota, khususnya kawasan Taman Impian Jaya Ancol harus juga masuk ke Jakarta Bird Land Ancol. Jangan lupa, ya!

Posting Komentar untuk "Jakarta Bird Land Ancol, Wisata Baru yang Harus Anda Ketahui"