Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluncuran Padepokan Safenet Dengan Beragam Visi Dan Misi Dimiliki

Safenet sendiri hadir sebagai sebuah badan hukum yang menaungi perkumpulan yang sudah terdaftar sebagai pembela kebebasan. Mereka adalah perkumpulan yang berjuang untuk pembela kebebasan Asia Tenggara dengan badan hukum resmi. Kini sudah ada peluncuran padepokan safenet yang bertempat di wilayah Denpasar Bali lebih tepatnya.

Pembangunan padepokan ini sebagai sebuah sarana perkumpulan dari orang orang yang tergabung dalam Safenet. Tentunya komunitas ini bukanlah hanya semata mata perkumpulan biasa biasa saja dan tidak memiliki visi misi. Perkumpulan satu ini tentunya sudah memiliki badan hukum resmi yang di perkuat dengan turunnya surat Keputusan Mentri Hukum dan HAM.


Surat keputusan tersebut tentunya sudah turun sejak Januari tahun 2019 lalu dan hadir dengan upaya untuk memperkuat badan hukum ini. Sebenarnya awal pendirian dari safenet sendiri adalah pada tahun 2013 silam yang hanya terdiri dari 8 orang. Kedelapan orang tersebut tentunya menjadi pelopor dari pendirian safenet yang hingga saat ini terus bergerak.

Tentunya ada beberapa alasan mendasar yang menjadikan pedepokan ini ada hingga saat ini dan terus menjalankan visi misinya. Dimana safenet sendiri hadir dengan adanya motivasi dari semakin meluasnya tingkat kriminalitas atas pengguna internet. Banyak sekali pengguna internet yang tidak mendapatkan kebebasan berekspresi di internet setelah di berlakukan UU ITE tahun 2008.

Visi Dan Misi Dari Peluncuran Padepokan Safenet Beserta Program Utama Yang Dilakukan

Visi dan misi dari peluncuran Padepokan Safenet

Ada beberapa visi dan misi yang di jadikan sebagai acuan dari peluncuran padepokan safenet sebagai badan hukum resmi. Hal ini di dasari karena adanya kesadaran bahwa hak digital adalah hak asasi setiap manusia. Dimana setiap manusia memiliki hak untuk mendapatkan akses internet yang terjadi bagi setiap warga Negara.

Setiap warga Negara tentu memiliki hak yang sama untuk dapat melakukan akses pada internet, menggunakan, dan juga mendistribusikan. Tentunya segala bentuk aktivitas internet merupakan hak dari setiap warga Negara yang harus di hormati. Beberapa visi dan misi dari safenet sendiri diantaranya adalah :

Hak untuk melakukan akses internet : visi ini mencakup adanya kebebasan bagi setiap orang untuk mengakses apa yang ada di internet. Seperti misalnya adanya ketersediaan infrastuktur yang memadai, kepemilikan dan juga kendali dari penyedia layanan, dll. Bahkan penyaringan dan pemblokiran pada beberapa akses illegal yang ada di internet menjadi visi dan misi berdirinya safenet.

Hak untuk menampilkan ekspresi : visi dan misi satu ini berkaitan dengan adanya keberagaman konten yang setiap orang berikan di internet. Setiap orang juga memiliki kebebasan untuk mengekspresikan segala pendapat mengenai suatu konten. Bahkan ini juga berkaitan dengan penggunaan internet dalam upaya mobilisasi masyarakat sipil.

Hak atas keamanan pengguna internet : visi dan misi ini juga termasuk pada kebebasan dari pengguna atas pengawasan masal. Selain itu juga kebebasan pengguna dari pemantauan yang dilakukan tanpa dasar hukum. Termasuk juga adanya perlindungan privasi, dll.

Beragam program utama yang dilaksanakan oleh safenet

Ada beberapa program utama yang safenet kerjakan dalam membantu perlindungan kebebasan pengguna internet, yaitu:

Pelaksanaan monitor pengguna : peluncuran padepokan safenet sendiri tentunya di dasari dengan program utama yaitu monitor. Dalam hal ini tentunya safenet melakukan pemantauan atas pelaggaran hak digital yang ada di Negara kawasan Asia Tenggara.

Melaksanakan program advokasi : ini berkaitan dengan program khusus dimana safenet melakukan advokasi di tingkat kebijakan. Selain itu padepokan ini juga membantu korban mengakses keadilan lebih mudah.

Itu saja beragam visi misi serta juga program utama dari peluncuran padepokan safenet sebagai organisasi berbadan hukum. Semoga dapat membantu Anda mendapatkan informasi yang sesuai mengenai padepokan safenet itu sendiri.


Posting Komentar untuk "Peluncuran Padepokan Safenet Dengan Beragam Visi Dan Misi Dimiliki"