Search

“REMAJA SEHAT ITU BEBAS ANEMIA” DI HARI GIZI NASIONAL KE 61

Halo good people, diawal tahun 2021 itu meskipun terasa berat karena lebih dari 1 tahun kita sudah menjalani masa2 pandemi dimana menjaga kebersihan dan kesehatan sangat di perhatikan. Tepat 25 januari 2021 kemarin, Hari Gizi Nasional yang ke-61 loh guys ! Ada yang berbeda dengan Hari Gizi Nasional tahun ini yaitu dalam pemilihan “Tema”.

Tema Hari Gizi Nasional tahun ini ialah “Remaja Sehat, Bebas Anemia” kenapa tema ini diangkat karena tidak sedikit dari kalangan remaja zaman sekarang pun sudah bisa terkena anemia. Biarpun terlihat sehat dan bugar tapi tidak menutup kemungkinan mempunyai gejaa tersebut, tahun ini di harapkan agar dapat meningkatkan komitmen dan mempererat kerja sama untuk seluruh elemen bangsa untuk meningkatkan kualitas kesehatan melalu perbaikan gizi remaja dengan penanggulan anemia.


.

1.Pentingnya Gizi Yang Cukup

Sekarang lndonesia masih dihadapkan pada beban ganda terutama masalah gizi yaitu masih tingginya prevalensi stunting, wasting dan obesitas serta kekurangan zat gizi mikro terutama anemia yang masih menjadi PR dunia kesehatan. Berdasarkan Riskesdas 2018 prevalensi anemia pada remaja sebesar 32o/o, artinya 3 sd 4 orang dari 10 orang remaja terdeteksi menderita anemia. Hal tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan asupan gizi yang tidak optimal dan kurangnya aktifitas fisik, hal itu tentunya tidak lah baik karena hampir separuhnya beresiko anemia.

 

2.Cara Mencegah Anemia

Beberapa cara untuk mencegahnya,yang disampaikan Kementerian Kesehatan dengan cara melakukan intervensi spesifik dengan pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) pada remaja perempuan serta ibu hamil. Selain itu juga, Kemenkes akan melakukan penanggulangan anemia melalui edukasi dan promosi gizi seimbang, fortifikasi zat besi pada bahan makanan serta penerapan hidup bersih dan sehat. Cara tersebut bisa mengurangi resiko terkena anemia dan menyembuhkan anemia.

 

Komitmen ini diharapkan dapat meningkatkan kesehatan para remaja perempuan, di lndonesia membutuhkan remaja yang produktif, kreatif, serta kritis demi kemajuan bangsa itu sendiri, karena remaja dapat mencapai produktifitas dan kreativitas yang maksimal serta mempunyai pemikiran yang kritis, apabila tubuh ini stabil dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.

 

3.Mulai Merubah Pola Hidup Biasa Menjadi Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat itu penting karena selain pemberian TTD, Kemenkes juga mendorong para remaja untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan menjaga asupan gizi seimbang dengan menu #IsiPiringKu, rutin aktivitas fisik dan menjaga kebersihan, tidak melupakan yang namanya sarapan. Karena kebiasaan sarapan pagi harus rutin dilakukan remaja supaya benar-benar bisa fokus dan berenergi saat beraktivitas . Apakah dari kalian ada yang jarang sarapan ? hal ini tidak baik loh...

 

4.Pola Hidup Sehat Untuk Remaja

Masih menganggap remeh anemia atau kurang gizi seimbang ? kita harus sadar dari sekarang , sebelum terlambat. Pola hidup sehat remaja dengan ativitas fisik menjadi solusi untuk kita #Mudasehatbebasanemia bertepat di #HariGiziNasional ini yang temanya pas sekali untuk kita.

 

~Aktivitas Fisik seperti apa ?

Pedoman aktivitas fisik untuk remaja di rekomendasikan melakukan aktivitas fisik sedang hingga kuat selama 1 jam atau lebih setiap hari nya. Sebagian besar aktivitas fisik harus aerobic, di mana mereka menggunakan otot-otot besar dan berlanjut selama jangka waktu tertentu. Contoh gampangnya seperti lari,menari, berenang dan masih banyak lagi.

 

~Apa Benefit Aktivitas Fisik ?

1.Membuat kita merasa bahagia

2.Membantu menurunkan berat badan

3.Baik untuk otot dan tulang

4.Meningkatkan stamina atau tenaga

5.Menurunkan resiko terkena penyakit kronis

6.Bagus untuk kulit

7.Meningkatkan fungsi otak dan melindungi memori

8.Membantu untuk relax dan tidur lebih nyenyak

Nah, tunggu apa lagi saatnya kita memulai hidup sehat ya ! karena dimulai dengan langkah kecil dengan bergerak aktif dan jangan lupa untuk selalu menjaga gizi seimbang dari asupan nutrisi apa yang kita makan setiap harinya dan jaga kebersihan Selamat Hari Gizi Nasional #healthies

 

Tidak ada komentar

*DiBukaBox tidak bertanggung jawab atas komentar yang Anda buat