Search

Upaya Pemberdayaan Masyarakat Dalam Kasus Pembasmian Penyakit Covid 19

dr. Imran Agus Nurali, SpKO
Sebuah penyakit yang sangat mematikan dan melebihi penyakit HIV telah datang di negri tercinta kita ini. Dimana semua orang sangat takut untuk bisa bermain – main di luar karena takutnya mereka akan penyakit yang sangat membahayakan ini. Sehingga untuk bisa bersilaturahmi dengan tetangga mapun saudara dekat pun mengalami ketakutan yang luar biasa. Dimana pada era seperti ini membuat semua pola kehidupan yang seharusnya berjalan dengan semestinya sekarang pun sudah berubah.

Apalagi kebiasaan masyarakat yang sekarang sudah jarang sekali untuk bisa menegur sapa seperi dahulu. Tetapi ada saja cara mereka saling menegur sapa walaupun tidak secara langsung. Dimana kesabaran akan penyakit ini haruslah sanagt di perhatikan hingga turunnya puskesmas sekitar yang melakukan pemberdayaan. Dimana puksesam sekitar yang mengadakan sosialisasi serta pemberdayaan terhadap masyarakat ini banyak berbicara mengenai hal – hal penyakit saat ini. Tak hanya itu Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat dari Kementrian Kesehatan RI ini pun ikut turun tangan.                                                                                                                                                    

Direktorat ini turun kepada desa – desa untuk bisa memberikan edukasi seputar penyakit covid 19 yang terjadi di bumi ini. direktur Promosi Kesehatan yang bernama dr. Imran Agus Nurali, SpKO mengatakan sesuatu yang berbunyi. ‘’Penyebaran serta penularan covid 19 yang terjadi saat ini sangat cepat sehingga membutuhkan peran dari semua masyarakat‘’. Dimana masyarakat sangat memiliki peran yang sangat besar untuk bisa menuntaskan masalah penyakit yag berada di bumi ini. Bapak Imran juga berharap jikalau sedang melakukan kegiatan jangan sampai lupa dengan protokol kesehatan.

Upaya Pemberdayaan Masyarakat Dalam Kasus Pembasmian Penyakit Covid 19

Pembasmi Penyakit Covid 19 Dengan Mencuci Tangan yang Benar

Mencuci tangan secara benar dan bersih akan mengurangi penyebaran virus yang terjadi saat ini. Dimana cara ini merupakan cara yang paling efektif serta mudah di lakukan siapa saja terutama masyarakat. Para masyarakat dapar mencuci tangan dengan air yang mengalir dan jangan sampai lupa memakai sabaun. Dimana direktorat promosi kesehatan ini sudah memberikan sebuah donasi sabun serta beberapa alat protokol kesehatan. Jikalau para masyarakat merupakan pekerja di luar rumah maka akan sulit menemukan air bukan tetapi bisa di cegah denga penggunaan hand sanitizer.

Penggunaan Masker yang Sangat Penting

Nah cara mengatasi yang kedua seorang direktur ini juga menyarankan bahwasannya menggunakan masker juga akan membuat penularan tidak merata. Masyarkat harus mengetahui bagaimana caranya menggunakan masker yang benar dan tepat agar penyebaran ini tidak sampai terjadi terus menerus. Cara memakai masker yang benar dengan sisi berwarna pada masker ini haruslah menghadapa depan atau luar. Sedangkan untuk sisi putihnya haruslah menghadap wajah yang juga menutupi dagu. Masyarakat dapat menggunakan masker ini di saat sedang melakukan aktivitas di luar.

Menjaga Jarak serta Menghindari Keramaian

Untuk pencegahan yang di berikan pesan oleh kemenkes ini yang paling penting. Mengingat bahwa sekarang sudah memasuki area new normal. Sehingga semua kegiatan yang sedang di kerjakan di rumah ini sudah mengalami pemulihan. Masyarakat juga harus membiasakan diri dengan tidak berada di kerumunan maupun keramianan serta harus bisa menjaga jarak. Sebab hal ini akan bisa membantu dalam mengurangi penyebaran covid 19.

Itulah beberapa saran serta upaya pemberdayaan masyarakat yang telah di lakukan oleh kemnkes. Dimana upaya pemberdayaan ini di lakukan dengan tujuan untuk bisa menyelesaikan pertumbuhan penyakit covid 19 yang mudah merjalela.

Tidak ada komentar

*DiBukaBox tidak bertanggung jawab atas komentar yang Anda buat