Tips Merawat Kamera dengan Cara yang Mudah dan Benar

Tips Merawat Kamera dengan Cara yang Mudah dan Benar! Bagi orang-orang yang gemar mengabadikan banyak momen yang dilewati, kamera menjadi sahabat yang paling setia. Untuk itu bagi penggemar berbagai merek kamera rasanya sangat penting untuk mengetahui cara merawatnya. Terlebih lagi untuk kamera DSLR yang memiliki harga tidak mahal dan cukup menguras kantong. Berhubungan kamera DSLR memiliki harga yang mahal maka kamu harus menjaganya dengan baik ya!

Menggunakan kamera DSLR tanpa dibarengi dengan perawatan sama artinya dengan bunuh diri. Perawatan pada kamera ini tentu bertujuan untuk membuat body maupun lensa tidak kotor terkena debu. Bahkan kamera kamu juga bisa menjadi lebih bersih juga awet. Ada beberapa cara merawat kamera yang memang mudah sekaligus benar. Sepertinya untuk melakukan beberapa tips di bawah ini kamu tidak akan memiliki kesulitan yang berarti. Yuk simak!

Hindarkan Kamera Dari Tempat yang Dekat Air

Tips merawat kamera yang pertama ini memang harus kamu lakukan dengan disiplin. Terlebih lagi jika kamera kamu memang tidak anti air. Sebagai pemilik kamera yang bijak akan lebih baik meletakkan kamera kamu jauh dari air atau hal yang dapat membuat kamera basah. Perlu diingat jika kamera DSLR ini begitu sensitif hingga ketik air masuk ke kamera maka komponen dari kamera menjadi rusak. Selain itu lensa kamera kamu juga bisa menjadi berembun ketika sisa-sisa air masih berada di dalam kamera.

tips merawat kamera

Rutin Membersihkan Lensa Kamera

Kedua, kamu bisa mencoba rutin melakukan aktivitas membersihkan lensa kamera. Hal ini memang harus kamu lakukan meski kamera jarang kamu gunakan. Perlu diingat jika menggunakan cairan pembersih lain yang tidak digunakan untuk lensa dapat membuat lensa menjadi rusak. Untuk itu selalu berhati-hati dan gunakan pembersih lensa yang memang tepat. Jangan lupa untuk menyemprotkan cairan kepada lap microfibernya bukan kepada lensanya. Untuk menghindari debu pada lensa gunakan lens cap ketika kamera tidak digunakan.

tips merawat kamera

Meletakkan Kamera Pada Tas Khusus Ketika Membawanya

Memasukkan kamera pada tas khusus memang menjadi tips merawat kamera yang benar. Terlebih lagi jika kamu gemar melakukan perjalanan guna mengambil objek. Tas kamera memang akan terlihat berbeda dengan tas lainnya. Selalu terdapat bantalan khusus di dalamnya untuk menghindari kamera dari berbagai benturan. Lebih dari itu, tas kamera memang di desain untuk menyimpan banyak hal seperti chager, lensa dan perlengkapan lainnya. Melalui hal ini kamera kamu akan lebih aman lagi.

Memasang Screen Guard di LCD Kamera

Meski terlihat sepele, nyatanya penggunaan screen guard ini sangat diperlukan. Pasalnya screen guard memang dapat melindungi LCD Kamera kamu dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja dari sidik jari, goresan maupun air dan debu.

Lindungi Lensa dengan Filter

Tips merawat kamera yang tidak boleh kamu abaikan ialah penggunaan filter untuk lensa ini. Perlu diketahui jikalau UV filter dapat digunakan untuk menjaga lensa kamera dari pengaruh buruk matahari itu sendiri. Bahkan manfaat lainnya ialah dapat melindungi lensa dari kotoran serta debu. Sehingga kamera kamu akan semakin awet dengan menggunakan filter tanpa membuat kualitas gambar berkurang juga.

Gunakan Shoulder Trap

Penggunaan shoulder trap ini memang dapat membantu kamu ketika sedang aktif mengambil gambar. Nantinya kamera dapat digantungkan dengan tali hingga akan aman di leher kamu. Sehingga kamera akan tetap terlindungi ketika kamu mengambil gambar tanpa takut terjatuh.
Tips merawat kamera ini memang dapat kamu terapkan secara langsung. Jangan lupa untuk mengontrol penggunaan baterai juga menggunakan dry box guna melindungi kamera kamu dari paparan cuaca ekstrem.

1 komentar

*DiBukaBox tidak bertanggung jawab atas komentar yang Anda buat