Pengaruh dari Gadget di Berbagai Sektor Kehidupan Manusia

Pengaruh dari Gadget di Berbagai Sektor Kehidupan Manusia! Jika membahas gadget, tentu saja tidak akan ada habisnya. Hampir semua kehidupan manusia dipengaruhi oleh benda elektronik serbaguna ini. Terlebih lagi sejak semua sektor beralih menjadi sektor digital. Rasanya hampir tidak mungkin dalam setiap rumah tidak terdapat minimal satu gadget.

 Pengaruh Gadget

Tidak hanya mempengaruhi gaya hidup masyarakat, bahkan gadget kini telah masuk pada ranah kebutuhan primer lainnya, seperti ekonomi, pendidikan, sosial, bahkan budaya. Dalam sektor ekonomi, pengaruh gadget benar-benar sangat terasa. Bisa dibilang jika tidak mampu mengejar perubahan teknologi ini, maka ekonomi terancam gulung tikar.

Tidak hanya ekonomi bagi pengusaha saja yang bisa mengalami gulung tikar. Para pekerja juga bisa mengalami hal ini jika gagap terhadap teknologi. Misalnya saja presensi pegawai yang telah beralih menggunakan finger print atau tugas yang harus dikirim berupa file melalui pesan elektronik (email).

pengaruh gadget

Bayangkan, jika seseorang gagap dalam menghadapi perubahan ini maka mereka akan terancam gulung tikar (dalam hal ini kehilangan pekerjaan). Tidak bisa mengisi presensi, tidak bisa mengakses informasi, bahkan tidak bisa bekerja secara prima. Betapa pengaruh gadget sangat berperan penting.

Selanjutnya, pengaruh gadget dalam bidang pendidikan. Terlebih saat dunia sedang berduka akibat pandemic ini. Bisa kita lihat bahwa sektor pendidikan tengah lumpuh total saat ini. Semua siswa juga mahasiswa diliburkan dengan mengalihkan seluruh kegiatan pembelajaran via daring alias online class.


pengaruh gadget
Dengan demikian tentu saja lagi-lagi penggunaan gadget sangat diperlukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran daring ini. Fasilitas penunjang lainnya selain gadget adalah google classroom serta startup startup yang berjalan dibidang pendidikan. See? Besar sekali bukan pengaruh gadget dalam bidang pendidikan. Tidak kalah penting dari sektor ekonomi.

Bahkan ternyata, jauh sebelum pandemic global i i menjangkit yang mengharuskan adanya pembelajaran daring, penggunaan teknologi telah lama dimanfaatkan. Ujian berbasis komputer pun telah dimulai sejak 4 tahun yang lalu, pengiriman tugas via classroom dan pesan elektronik (email) juga telah lama digunakan.

Sebenarnya jika dibilang gagap, kita sama sekali tidak gagap terhadap kemajuan teknologi. Hanya saja, kita belum mampu menangkal segala pengaruh gadget baik dari segi positif maupun negatif. Terbukti masih banyak beredar berita hoax dan ujaran kebencian di jejaring sosial. Kita kurang bijak dalam hal pemanfaatan teknologi.

Selanjutnya ada juga akibat yang menjangkiti sektor sosial dan budaya. Untuk bidang sosial budaya sendiri, pengaruh teknologi telah lama mempengaruhi bidang ini bahkan dampaknya sangat besar dan luas. Terbukti dengan generasi muda yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain dengan smartphone ataupun gadget-gadget lain miliknya.

Dampak Gadget

Melihat pengaruh gadget yang begitu besarnya, tentu bisa disimpulkan bahwa dampak yang ditimbulkan pun tidak kalah besar pula. Baik itu dari segi negatif maupun positif. Pada dasarnya, dampak dampak yang disebabkan oleh pengaruh teknologi khususnya di bidang informatika ini juga tergantung pada user nya masing-masing.

Semakin bijaksana dalam menggunakan gadget, maka akan semakin mudah pula bagi user untuk mengarahkannya pada hal-hal positif. Sebaliknya, jika berhasil diperbudak oleh teknologi, maka semua yang sampai ada kita pun juga berupa hal-hal yang buruk.

Mudah saja sebenarnya untuk bisa mengatasi dampak dari pengaruh gadget yang hampir menguasai berbagai sendi kehidupan masyarakat. Cukup saring informasi yang ada, pergunakan semestinya dan sesuai porsinya serta jangan lupa untuk selalu meningkatkan IMTAQ dan IPTEK supaya tetap waras di tengah pengaruh arus globalisasi ini.

Tidak ada komentar

*DiBukaBox tidak bertanggung jawab atas komentar yang Anda buat