Mengulik Teknologi Ramah Lingkungan Beserta Contohnya

Mengulik Teknologi Ramah Lingkungan Beserta Contohnya! Salah satu teknologi yang cukup terkenal dan sering kita dengar ialah mengenai teknologi ramah lingkungan. Apa itu teknologi ramah lingkungan yang dimaksud selama ini? Ya, teknologi ramah lingkungan merupakan sebuah konsep yang dibuat guna mencapai sebuah tujuan. Meskipun begitu, dalam pelaksanaannya juga tetap melihat pada faktor lingkungan.

Perlu diketahui jikalau pemanfaatan teknologi yang tidak baik dapat membuat lingkungan menjadi rusak. Padahal dibuatnya teknologi guna memudahkan manusia dalam melakukan aktivitasnya. Nah dalam teknologi ramah lingkungan ini penerapan juga pembuatannya memang menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Dalam teknologi ramah lingkungan ini, sebisa mungkin prosesnya dibuat efektif serta efisien tetapi masih menjaga lingkungan. Sehingga, teknologi ramah lingkungan ini memang sangat baik untuk digunakan.

Perlu diketahui jikalau teknologi ramah lingkungan ini sudah ditetapkan dalam berbagai lini kehidupan. Sehingga manusia dapat melakukan kegiatan dengan lebih baik. Untuk itu pada artikel kali ini kita akan langsung membahasnya. Berikut beberapa contoh penerapan teknologi ramah lingkungan yang ada dalam lingkungan sekitar kita. Yuk disimak!

teknologi ramah lingkungan

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan

Biogas

Biogas menjadi salah satu teknologi ramah lingkungan yang cukup dikenal. Ya dapat dijadikan biogas masuk dalam kategori jenis bahan bakar yang menjadi alternatif bagi masyarakat umum. Perlu diketahui jikalau biogas ini dihasilkan dari fermentasi bahan organik yakni dari bakteri anaerobik. Bakteri ini memang hidup di lingkungan yang tidak memiliki oksigen. Bakteri tersebut akan bekerja guna menghasilkan gas metana sebanyak 75% dari zat organik. Selain gas metana ada beberapa gas lainnya yang dihasilkan seperti hidrogen sulfida, hidrogen juga karbondioksida

teknologi ramah lingkungan

Biofuel

Contoh penerapan teknologi ramah lingkungan kedua ialah biofuel. Perlu diketahui jikalau teknologi ini merupakan teknologi alternatif yang menggunakan SDA juga bisa diperbaharui. Nah biofuel ini dihasilkan dari berbagai bahan organik semusal tumbuhan.

Sel Surya

Teknologi yang satu ini dihasilkan dari proses mengubah energi matahari ini menjadi energi listrik. Dalam panel Surya cahaya yang dihasilkan matahari akan menghasilkan emisi elektron pada panel tersebut. Nah listrik dapat dihasilkan jika elektron dihubungkan dengan sistem tertentu. Perlu diingat jika listrik yang dihasilkan akan disimpan pada baterai hingga dapat digunakan ketika malam hari atau jika cuaca mendung. Keunggulan dari panel surya ini ialah tidak menimbulkan efek gas rumah kaca yang akan memperburuk lapisan ozon.

Biopori

Teknologi ramah lingkungan selanjutnya ialah biopori. Biopori sendiri dibuat dengan bentuk silindris dengan arah vertikal ke dalam tanah. Fungsi biopori tentunya sebagai lubang resapan air. Sehingga tidak akan ada air tergenang jika hujan turun dengan lebatnya hingga daya serap tanah menjadi lebih baik. Jika kamu ingin menjaga lingkungan agar menjadi lebih baik lagi maka dapat dengan memulai membuat biopori ini.

Fitoremediasi

Ini merupakan proses bioremediasi dengan menggunakan media berbagai tanaman. Tujuan dengan melakukannyan tentu untuk memindahkan, menghilangkan atau bahkan menghancurkan kontaminasi dalam tanah maupun air di bawah tanah.

Teknologi ramah lingkungan memang sangat baik untuk digunakan dalam kehidupan manusia. Melalui teknologi ramah lingkungan, akhirnya lingkungan sekitar dapat terjaga dengan baik. Selain itu masih banyak lagi contoh penerapan teknologi ramah lingkungan ini. Seperti yang kita ketahui mengenai kendaraan yang menggunakan bahan bakar hidrogen. Selain itu masih ada pula teknologi mobil listrik, mobil bahan bakar situs dan masih banyak lagi. Demikianlah sedikit ulasan kita mengenai contoh penerapan teknologi ramah lingkungan di sekitar kita. Semoga kita dapat menjaga lingkungan lebih baik lagi.

Tidak ada komentar

*DiBukaBox tidak bertanggung jawab atas komentar yang Anda buat