Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

MediaTek akan Mengaktifkan Teknologi Codec Video AV1 Canggih di Smartphone Android

MediaTek mengumumkan akan mengaktifkan codec video AV1 canggih di video YouTube untuk SoC 5G MediaTek Dimensity 1000. MediaTek Dimensity 1000 adalah SoC smartphone pertama di dunia yang mengintegrasikan decoder video perangkat keras AV1, memampukannya memainkan video AV1 dengan resolusi hingga 4K di 60fps. Dengan efisiensi kompresi yang lebih baik, AV1 memberikan pengalaman mutu visual yang luar biasa dan video yang lebih lancar, dengan penggunaan data yang lebih sedikit.



Streaming video merupakan aktivitas nomor satu di penggunaan smartphone, sehingga dengan menggunakan decoder video AV1 berbasis perangkat keras dengan efisiensi daya lebih baik di Dimensity 1000, pengguna bisa menikmati umur batere lebih lama sambil tetap menonton video di mutu terbaik. Digabungkan dengan konektivitas 5G ultra-cepat dalam sebuah cip tunggal, Dimensity 1000 memimpin industri dalam desain dan kemampuan.

“MediaTek secara konsisten terus menambah kemampuan solusi-solusinya untuk meningkatkan pengalaman pengguna, dan teknologi AV1 merupakan contoh yang sempurna. Video sekarang merupakan bentuk Komunikasi yang paling banyak digunakan, dengan 70% generasi Millenial dan Gen Z dilaporkan menggunakan berbagai layanan streaming,” kata Dr. Yenchi Lee, Assisten General Manager, Wireless Business Unit, MediaTek. “Industri melaporkan bahwa pasar streaming video akan berkembang dengan CAGR 19,6% dan menyentuk US$ 124,57 miliar di tahun 2025, dan merupakan salah satu pendorong utama layanan-layanan 5G. MediaTek berada di depan dalam upaya mengaktifkan streaming video efektif dengan AV1.”

Codec video AV1 menciptakan perubahan signifikan dalam industri streaming video. Pertama diluncurkan di tahun 2018 oleh Alliance for Open Media (AOMedia), AV1 bebas-royalti, dikembangkan untuk menggantikan codec VP9 dan menjadi standar Internet Video Codec (NETVC). AV1 merupakan sebuah teknologi coded video berkinerja-sangat-tinggi yang menghasilkan efisiensi kompresi 30% lebih baik dibandingkan VP9.

“AV1 telah menjadi sebuah format yang semakin penting untuk memungkinkan pemutaran resolusi tinggi di perangkat genggam, dan kami bangga bahwa MediaTek telah mengimplementasikan perangkat keras AV1 khusus untuk mendorong adopsi format ini, seperti yang ada di SoC 5G Dimensity 1000,” kata Matt Frost, Director of Product Management, Google Chrome. “Seiring dengan semakin populernya streaming video di mobile, contoh penggunaan baru seperti milik MediaTek semakin mempertegas pekerjaan penting dalam mengembangkan codec-codec generasi berikut.”

Posting Komentar untuk "MediaTek akan Mengaktifkan Teknologi Codec Video AV1 Canggih di Smartphone Android"