Ketahui Perbedaan Teknologi Analog Dengan Teknologi Digital

Ketahui Perbedaan Teknologi Analog Dengan Teknologi Digital! Kami yakin kalian yang sedang membaca kalimat ini pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya teknologi. Hampir semua dari kalian bahkan seluruh lapisan masyarakat di seluruh dunia menggunakan teknologi. Tentu saja, faktor terbesar semua manusi menggunakan teknologi adalah cara kerjanya yang begitu cepat, rapi dan praktis.

Tanpa kalian sadari seiring dengan perkembangan waktu ada begitu banyak jenis teknologi yang muncul dan digunakan untuk membantu segala bidang aspek yang ada di dunia. Sebut saja teknologi pangan, teknologi ramah lingkungan, teknologi digital hingga teknologi analog. Semua teknologi yang kami sebutkan sebelumnya memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing.

Namun, pembahasan kali ini akan menjelaskan kepada kalian perbedaan kedua teknologi yang sering kalian anggap sama. Apa nama kedua teknologi ini? Yup,  kami beri kalian lima bintang bila berhasil menebak bahwa kedua teknologi ini adalah teknologi analog dan teknologi digital. Kami yakin kalian yang sedang membaca artikel ini pasti sering menyebut teknologi digital sebagai teknologi analog begitupun sebaliknya.

Perbedaan kedua teknologi

Akan tetapi, sebenarnya kedua teknologi ini memiliki perbedaan besar yang signifikan. Kalian yang ingin mengetahui perbedaan kedua teknologi ini dapat segera mengetahui hal tersebut. Ya,  tentu saja dengan membaca sampai paragraf akhir artikel yang satu ini. Jadi,  disimak ya agar tidak ada kekeliruan lagi nantinya!

Perbedaan kedua teknologi

Perbedaan kedua teknologi ini sebenarnya sudah dapat kalian ketahui melalui pengertian teknologi analog dan digital yang berbeda. Teknologi analog merupakan teknologi yang mengubah sinyal menjadi gelombang elektromagnetik berbeda dengan pengertian dari teknologi digital. Teknologi digital juga mengubah sinyal akan tetapi tidak menjadi gelombang melainkan ditransmisikan menjadi angka nol dan satu,  angka ini biasanya juga disebut dengan angka biner.

Nah, kalian mungkin sering mengalami kekeliruan karena hanya membaca bahwa kedua teknologi ini sama-sama mengubah sinyal. Yup, mereka mempunyai tugas yang sama akan tetapi ditransmisikan dengan cara yang berbeda,  yang satu menjadi angka dan yang lainnya menjadi gelombang
Hal berikutnya yang menjadi perbedaan kedua teknologi ini dapat kalian lihat dari cara kerja pada teknologi analog dan teknologi digital. Apabila teknologi analog mengirimkan sinyal suara dalam gelombang yang memiliki voltase sepuluh atau yang kerap dikenal dunia elektronik dengan sepuluh hertz. Maka,  hal lain kalian temukan pada teknologi digital. Teknologi digital cenderung lebih simpel dan tidak serepot kalian menggunakan teknologi analog.

Pertama-tama, teknologi digital akan mengirimkan sinyal berupa biner yang mengenal arus on dan off sehingga tidak memerlukan gelombang untuk mentrasmisikannya. Setelah itu informasi kalian akan diproses melalui bit untuk menghasilkan suara, gambar dan kode maupun hal lainnya.
Selain kedua hal itu kalian dapat menemukan perbedaan kedua teknologi melalui peralatan yang dihasilkan oleh teknologi analog dan teknologi digital. Kalian harus mengetahui bahwa alat yang dihasilkan oleh teknologi digital jauh lebih modern dan canggih dibandingkan dengan yang dihasilkan oleh teknologi analog. Sebut saja,  bila teknologi analog menghasilkan jam tangan dengan jarum maka teknologi digital menghasilkan jam tangan dengan fungsi digital atau yang kalian kenal dengan smartwatch, selain itu bila teknologi analog menciptakan telepon rumah maka teknologi digital memberikan kepada kalian komputer.

Nah,  setelah kalian membaca hingga paragraf ini kami yakin kalian sudah dapat menjelaskan kepada orang lain yang tidak mengerti perbedaan kedua teknologi yang satu ini ya, guys!

Tidak ada komentar

*DiBukaBox tidak bertanggung jawab atas komentar yang Anda buat