Inilah Cara Merawat Laptop, Mudah dan Tidak Cepat Rusak

Inilah Cara Merawat Laptop, Mudah dan Tidak Cepat Rusak! Laptop memang menjadi gadget yang aktif digunakan oleh masyarakat hingga kini. Diantaranya, pelajar SMA juga kerap menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas sekolah seperti makalah atau karya tulis. Mahasiswa juga kerap menggunakan laptop untuk banyak tugas serta pengerjaan skripsi. Untuk orang-orang yang bekerja di kantor juga kerap menggunakan laptop untuk membuat dokumen dan banyak lagi.

Melalui hal ini saja kita sudah paham jika peranan gadget yang satu ini memang cukup besar. Kadangkala kita merasa khawatir jika sewaktu-waktu laptop satu-satunya menjadi rusak dan eror. Menggunakan laptop terus-menerus tanpa melakukan perawatan memang hal yang sangat fatal. Setelah sering digunakan tentu saja laptop juga butuh mendapatkan perawatan. Selayaknya manusia yang butuh makan setelah banyak bekerja maka gadget juga sama. Agar laptop kamu tidak cepat rusak simak beberapa cara merawatnya di bawah ini yuk!

Jangan Letakkan Laptop di Atas Kasur

Cara merawat laptop pertama yang dapat kamu lakukan ialah dengan tidak meletakkan laptop di atas kasur. Hal ini seringkali dilupakan oleh orang-orang yang menggunakan gadget. Sebenarnya kebiasaan buruk ini menjadikan udara pembuangan akan terhambat karena tertahan oleh kasur. Tanpa disadari lebih jauh lagi udara panas yang ada hanya akan berputar dan masuk kembali untuk merusak komponen laptop panas.

Cara merawat laptop

Hindari Mengangkat Laptop Ketika Menyala

Hal ini juga sering sekali dilupakan oleh pengguna laptop. Mengangkat laptop dalam keadaan menyala memang dapat berakibat buruk. Pasalnya ketika menyala hardisk laptop masih bekerja. Dikhawatirkan masalah bad sector tidak dapat dihindari lagi karena piringan hardisk tergores karena mengangkat laptop yang menyala.

Cara merawat laptop

Hindari Menutup LCD Laptop Setelah Selesai Digunakan

Cara merawat laptop selanjutnya ialah tidak menutup LCD laptop setelah selesai digunakan. Sebenarnya hal ini berlaku ketika laptop yang kamu gunakan itu dalam keadaan hangat atau panas. Hal ini dikarenakan udara panas yang berasal dari keyboard laptop dapat mengenai LCD laptop secara langsung. Akan lebih baik jika kamu mematikan laptop lebih dulu dan setelah setengah jam kamu dapat menutup laptop.

Hindari Bermain Game Berat dengan Sering

Apakah kamu gemar bermain game-game berat di laptop? Eits! Ingat, banyak pengguna laptop yang sering mengabaikan hal ini. Padahal bermain game berat di laptop terlalu sering dapat menyebabkan komponen laptop menjadi overheat. Selain itu, terlalu sering bermain game berat di laptop juga bisa menyebabkan baterai laptop menjadi bocor atau bahkan rusak.

Tidak Menggunakan Laptop Terlalu Lama

Tidak menggunakan laptop terlalu lama memang menjadi cara merawat laptop yang tepat. Pasalnya penggunaan laptop terlalu lama memang dapat menyebabkan panas berlebih atau overheat. Kamu tentunya paham jika laptop dengan komputer jauh berbeda. Jika komputer mampu dinyalakan selama 24 jam penuh maka laptop tidak demikian.

Bersihkan Laptop Secara Rutin

Terakhir kamu dapat membersihkan laptop secara rutin. Misalnya saja kamu dapat membersihkan laptop ini minimal dua minggu sekali. Perlu diketahui jikalau debu yang menempel pada komponen laptop kamu dapat membuat kinerja laptop menurun. Selain itu dapat menyebabkan laptop kamu cepat panas juga. Dalam hal ini kamu perlu membersihkan lubang sirkulasi udara, keyboard, LCD juga baterai. Untuk kamu yang memang handal membongkar pasang laptop, membersihkan bagian dalam juga diperlukan. Cara merawat laptop ini memang patut untuk kamu coba guna menjaga performa laptop yang kamu miliki. Jangan sampai baru beberapa bulan selesai pembelian, laptop kamu sudah rusak. Wah, tentunya sama sekali tidak menyenangkan ya!

Tidak ada komentar

*DiBukaBox tidak bertanggung jawab atas komentar yang Anda buat