Inilah Beberapa Teknologi Otomotif Tercanggih yang Sedang Dikembangkan


Inilah Beberapa Teknologi Otomotif Tercanggih yang Sedang Dikembangkan.  Perkembangan kemajuan teknologi membawa pengaruh bagi seluruh aspek dalam kehidupan manusia. Tidak hanya pada bidang pertanian dan kedokteran saja, tapi juga dalam bidang otomotif. Meskipun bidang otomotif merupakan bidang yang sering dipandang sebelah mata, tapi nyatanya bidang ini juga mendapatkan dampak positf dari hadirnya kemajuan teknologi.
Dalam bidang otomotif, perkembangan teknologi akan terasa sangat cepat. Contohnya saja, ketika memiliki mobil yang umurnya baru dua tahun, akan terasa sangat tua jika melihat dan membandingkannya dengan mobil keluaran baru. Bidang otomotif sendiri merupakan salah satu bidang yang dinamis. Di mana, selalu hadir terobosan-terobosan baru yang sangat diperlukan dalam perkembangannya. Oleh sebab itu, inilah beberapa teknologi otomotif baru yang sedang dan sudah dikembangkan.
Teknologi self leveling suspension
Teknologi pertama dalam bidang otomotif adalah self leveling suspension. Teknologi ini tidak termasuk ke dalam teknologi terbaru. Di mana, teknologi ini sangat berguna bagi para pengemudi. Ketika mobil terisi beberapa barang atau penumpang di belakang, maka bebannya akan membuat suspensi tertekan dan kestabilan mobil pun akan berkurang. Hadirnya  teknologi ini, akan membuat suspensi melawan dan membuat mobil tetap berada pada posisi yang rata ketika terisi barang. Dengan demikian kestabilan dan hal lain yang berkaitan dengan pengendara bisa tetap optimal. Teknologi ini diciptakan pada tahun 1954 oleh Citroen. 
Teknologi otomotif
Pemanfaatan Energi Panas Hasil Pembuangan
Teknologi otomotif yang satu ini terinspirasi dari NASA, di mana NASA memanfaatkan energi panas pembuangan. Ternyata, teknologi ini bisa sangat berguna dalam bidang otomotif, di mana hasil energi panas dari akselerasi atau saat melaju bisa menjadi sumber listrik untuk pengereman. Oleh sebab itu, banyak sekali produsen yang tengah melakukan inovasi terbaik untuk teknologi ini, sehingga energi panas hasil pembuangan tidak dibuang begitu saja, tapi dijadikan sebagai sesuatu yang bermanfaat.
Teknologi otomotif
Hybrid
Teknologi pertama yang akan diulas adalah mobil hybrid yang idenya sudah ada sejak awal abad ke 20-an. Namun, mobil hybrid sendiri sukses secara komersial pada tahun 1990-an. Teknologi ini menggabungkan dua sistem penggerak menjadi satu, yaitu mesin bakar konvensional dengan motor listrik. Penggabungan dari dua sistem ini bisa menghasilkan konsumsi bahan bakar dan emisi tersebut menurun drastis. Saat ini mobil hybrid plug-in ini sudah mulai tersedia. Di mana, teknologi ini akan memungkinkan baterai menggerakkan motor listrik, diisi dengan menggunakan listrik rumah tangga.
Air Maintenance Technology (AMT)
Kalau teknologi otomotif yang satu ini merupakan penemuan untuk membuat ban mobil dapat mengisi angin sendiri tanpa ada bantuan dari manusia. Pada teknologi ini terdapat rongga kecil yang dapat menjadi jalan masuk bagi angin. Tak hanya itu saja, dalam AMT pun terdapat pintu penutup otomatis di dalam lapisan ban yang memungkinkan angin akan otomatis masuk ke ruangan ban dengan sempurna. Oleh sebab itu, air maintenance technology (AMT) sangat bermanfaat untuk dikembangkan pada bidang otommotif.
Cloud Computing
Teknologi cloud computing ini sangat berguna, di mana teknologi ini dapat memberikan tambahan kemudahan di dalam kabin kendaraan, terutama mobil. Teknologi ini bisa membuat kamu melakukan pengontrolan dengan mudah, seperti melakukan pengecekan jalan yang sepi, mencari alamat menggunakan perangkat GPS, dan nantinya akan tersambung ke dashboard mobil sebagai petunjuknya. Tak hanya itu saja, cloud computing juga bisa memudahkan pengendara untuk melakukan kommunikasi walaupun tangan sedang memegang stir.
Nah, itulah 5 teknologi otomotif tercanggih. Sebenarnya, inovasi-inovasi terbaru sedang dikembangkan oleh para peneliti dan akan dipublikasikan setelah melewati beberapa proses.

Tidak ada komentar

*DiBukaBox tidak bertanggung jawab atas komentar yang Anda buat