Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Inilah Beberapa Penerapan Teknologi Daring Dalam Kehidupan Manusia

Inilah Beberapa Penerapan Teknologi Daring Dalam Kehidupan Manusia! Berkembangnya teknologi memang membuat komunikasi antar manusia menjadi lebih menyenangkan lagi. Seperti komunikasi Daring yang memang dilakukan secara online dengan media jaringan internet. Selain dikenal dengan komunikasi Daring, maka ia juga memiliki nama lain seperti komunikasi virtual. Ya, jenis komunikasi yang satu ini memang sudah menjadi lebih populer untuk saat ini.


Untuk teknologi penerapan dalam hal komunikasi ini terbagi menjadi dua yakni sinkron dan asinkron. Komunikasi Daring sinkron merupakan komunikasi yang dilakukan oleh beberapa individu secara serentak atau bersamaan. Misalnya untuk contohnya seperti chatting, video Call maupun voice Call. Sedangkan untuk komunikasi Daring asinkron yakni dilakukan secara tertunda untuk pesan yang disampaikan. Misalnya seperti blog, email, forum juga website. Nah untuk itu, tidak perlu berlama-lama kita akan mengulas mengenai penerapan teknologi Daring.


Contoh Penerapan Teknologi Daring


Website


Contoh penerapan teknologi Daring yang pertama ialah website. Salah satu sistem yang menampilkan berbagai informasi berupa audio, teks, gambar, video dan dapat diakses oleh pengguna internet dikenal dengan website. Perlu diketahui jikalau website juga menaruh peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Beberapa fungsi yang paling tampak dalam website ialah digunakan sebagai media menyebarkan informasi, untuk komunikasi sekaligus edukasi juga promosi.


Teknologi daring
Email

Email atau electronic mail merupakan sebuah alat komunikasi surat elektronik yang telah dikenal lama. Email sendiri dapat digunakan untuk mengirim data digital ke berbagai pihak. Meskipun begitu, kamu juga harus menggunakannya dengan media jaringan internet. Baik penerima maupun pengirim memang harus memiliki alamat email atau akun masing-masing. Kamu dapat menggunakan Yahoo, Plasa, Google Mall, Hotmail dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengirim, menerima maupun menyimpan data.

Teknologi daring

Forum Online


Contoh penerapan teknologi daring selanjutnya ialah forum online. Seperti yang kita pahami bersama jika forum merupakan salah satu program aplikasi internet yang berguna untuk diskusi. Sehingga antar anggota dapat terhubung dalam bentuk grup maupun kelompok. Bahkan ditengah mewabahnya virus korona ini, forum online mulai digunakan kembali oleh para siswa maupun guru. Bahkan fasilitas yang dapat kamu nikmati dalam forum online ini mencakup dapat berkirim pesan teks, video, maupun audio juga.


Mailing List


Milis atau mailinglist salah satu program aplikasi dalam dunia internet yang membuat anggotanya bisa menukar informasi melalui email. Di dalam milis anggota akan membahas beberapa topik tertentu. Jika kamu ingin menggunskan milis ini maka kamu harus memiliki email lebih dulu tentunya. Meski di era 90 an milis ini sempat populer, nyatanya saat ini mulai ditinggalkan seiring berkembangnya zaman.

Online Messaging


Online messaging menjadi salah satu contoh penerapan teknologi Daring. Perlu diketahui jikalau online messaging merupakan salah satu program aplikasi pengiriman singkat yang dilakukan secara online. Jika pada mulanya pengguna hanya dapat bertukar pesan teks saja, kini bahkan sudah lebih dari itu. Kamu dapat berkirim pesan dalam bentuk dokumen, vdeo, audio, dokumen, emoji bahkan foto. Beberapa contoh aplikasinya seperti telegram, kakaotalk, WhatsApp, Line dan masih banyak lagi.


Video Conference


Contoh penerapan teknologi Daring terakhir yang akan kita bahas ialah video conference. Ini merupakan salah satu program aplikasi komunikasi secara online yang membuat pemakai dapat saling bertatap muka. Sehingga rasanya kamu seperti bertemu secara langsung antara satu dengan lainnya.

Nah itulah tadi beberapa penerapan teknologi Daring yang dapat kita ulas pada artikel kali ini. Bagaimana, tentu sangat luar biasa bukan dampak dari teknologi Daring? Semoga dapat bermanfaat dengan baik!



Posting Komentar untuk "Inilah Beberapa Penerapan Teknologi Daring Dalam Kehidupan Manusia "