Berbagai Macam Jenis Komunikasi Daring yang Patut Untuk Diketahui


Berbagai Macam Jenis Komunikasi Daring yang Patut Untuk Diketahui! Perkembangan teknologi kini membawa dampak baik terhadap komunikasi antar satu manusia dengan manusia lainnya.  Bahkan untuk saat ini tidak akan sulit lagi untuk mencari aplikasi yang melayani jasa komunikasi ini. Ya, kamu juga bisa langsung mengunduh aplikasi tersebut tanpa mengalami begitu banyak kesulitan. Komunikasi Daring memiliki makna atau arti ketika kamu menggunakan sebuah aplikasi guna melakukan komunikasi.
Kenapa disebut dengan komunikasi Daring? Tentu saja hal ini dikarenakan media berkomunikasinya menggunakan jaringan. Kini, penggunaan internet sebagai media guna melakukan komunikasi memang menjadi hal yang wajar. Beberapa aplikasi ini memang sangat awam bagi kita dan bahkan sering sekali kita gunakan. Beberapa aplikasi tersebut misalnya Line, Skype juga WhatsApp. Perlu diinget jika komunikasi Daring ini sangat bermanfaat untuk berhubungan dengan orang yang jauh sekalipun dan kapan saja.
Perlu diketahui jikalau teknologi Daring ini membagi jenis komunikasi Daring menjadi dua jenis. Pertama adanya komunikasi sinkron atau dilakukan dalam waktu bersamaan. Juga komunikasi asinkron dimana antara pengirim juga penerima pesan tidak berada pada satu waktu atau terjeda. Untuk lebih jelasnya kita akan membahasnya secara umum pada artikel kali ini. Yuk kita ulas mengenai jenis komunikasi Daring ini.
jenis komunikasi Daring
Jenis Komunikasi Daring
Komunikasi Daring Sinkron Video Call
Jika kamu ingin mencari tahu mengenai jenis komunikasi sinkron sendiri, video call masuk ke dalamnya. Untuk terhubung satu sama lain maka kamu dengan orang yang akan kamu hubungi menggunakan video call. Keuntungan menggunakan komunikasi Daring video call ini ialah kamu dapat menyaksikan lawan bicara secara langsung. Sehingga kamu dapat mengetahui keadaan lawan bicara kamu, apakah baik-baik saja atau tidak.
jenis komunikasi Daring
Komunikasi Daring Sinkron Chat
Jenis komunikasi Daring kedua ialah chat. Dalam hal ini tentu saja kamu saling bertukar chat dengan lawan bicara. Kamu dapat berkirim pesan dengan menggunakan tulisan melalui berbagai aplikasi yang sudah ada. Misalnya kamu dapat melakukan komunikasi ini melalui Line chat, WhatsApp chat, SMS, atau bahkan Short Massage Service.
Komunikasi Daring Sinkron Call
Jika kamu ingin menggunakan jenis komunikasi yang satu ini maka kamu dapat langsung mencobanya. Komunikasi ini merupakan komunikasi yang dilakukan melalui cara telepon. Misalnya kamu bisa menelepon lawan bicara kamu meski dengan jarak yang begitu jauh. Beberapa aplikasi bahkan sudah menambah fitur ini ke dalam aplikasinya.
Komunikasi Daring Asinkron Video
Komunikasi ini merupakan salah satu jenis komunikasi Daring yang mungkin pernah kita lakukan. Berbeda dengan komunikasi Daring sinkron video. Komunikasi ini hanya memungkinkan kamu untuk berbagi video kepada lawan bicara kamu. Sehingga dalam hal ini kamu tidak akan langsung mengetahui bagaimana keadaan lawan bicara kamu.
Komunikasi Daring Asinkron Chat
Perlu diketahui jikalau komunikasi ini memang sedikit berbeda meski dapat dilakukan melalui smartphone atau komputer. Meski dilakukan menggunakan jaringan internet akan tetapi untuk sifatnya memang sama dengan asinkron video. Artinya pesan yang kamu kirimkan tidak langsung mendapatkan respon lawan bicara kamu. Sehingga komunikasi kamu akan tertunda dan tidak berkelanjutan secara langsung.
Nah itulah tadi mengenai sedikit ulasan jenis komunikasi Daring yang dapat kita ulas pada kesempatan kali ini. Jika menilik lebih lanjut maka kamu akan menjumpai beberapa komunikasi lainnya yang mungkin pernah kita lakukan. Ya, secara tidak langsung teknologi Daring berkembang dengan membawa begitu banyak manfaat di dalamnya.

Tidak ada komentar

*DiBukaBox tidak bertanggung jawab atas komentar yang Anda buat