5 Tren Teknologi yang Diprediksi Akan Hadir Pada Tahun 2020


5 Tren Teknologi yang Diprediksi Akan Hadir Pada Tahun 2020. Teknologi selalu mengalami perkembangan di setiap waktunya. Di mana, perkembangannya ini didukung dengan semakin banyaknya kebutuhan manusia. Hadirnya teknologi mempengaruhi segala aspek kehidupan, mulai dari aspek komunikasi sampai aspek medis.
Beberapa negara pun kerap membuat atau merancang teknologi untuk memnuhi kebutuhan manusia. Bahkan, ada beberapa negara yang justru mengembangkan teknologi bahaya bagi kehidupan manusia. Kelak, mereka akan menggunakannya ketika perang dunia III berlangsung. Mengesampingkan hal tersebut, nyatanya banyak negara yang terus berinovasi untuk membuat teknologi canggih untuk kemaslahatan dunia.
Bahkan, tiap tahunnya selalu dirilis tren teknologi seperti apa saja yang diprediksi akan hadir pada tahun tersebut. Di tahun 2020 pun ada loh prediksi terkait teknologi yang akan menjadi tren. Berikut pembahasannya.
Perkembangan Teknologi AI
Pada awalnya, AI hanya berkembang sebagai kecerdasan perseptual. Hanya saja, pada tahun 2020, AI diprediksi akan menjadi kecerdasan kognitif. Di mana, selain memiliki kemampuan memproses bahasa alami, AI juga akan berkembang untuk bisa mempunyai pengetahuan eksternal, migrasi dominan atau penalaran logis. 
Tren teknologi
Tren teknologi perkembangan AI pun mencakup pada perkembangan in-memory-cmputing komputasi AI. Pada mulanya, prosesor dan memori pada teknologi AI terpisah, sehingga komputasinya membutuhan data untuk bisa terus menerus bergerak. Oleh sebab itu, hadirnya AI yang dengan memori dan prosesor menyatu bersama akan meminimalisir gerakan datanya.
Selain itu, pada AI pun akan bisa melindungi privasi data. Adanya peraturan terkait dengan perlindungan data semakin tinggi. Sehingga, membuat minat menggunakan teknologi AI semakin meningkat cukup tajam.
Penggunaan Internet of Thing Pada Sektor Industri
Tren teknologi selanjutnya berkaitan dengan internet of thing atau IoT. Di mana, pada tahun 2020, penggunaan IoT akan sangat semakin pesat pada sektor industri. Hal ini tentunya akan membuat sektor industri bisa merasakan teknologi otomatisasi mesin, penjadwalan produksi sampai logistik pabrik untuk bisa merealisasikan sebuah model bisnis manufaktur pintar. 
Tren teknologi
Cloud Menjadi Pusat Inovasi Teknologi TI
Kemudian, di tahun 2020 pun diprediksi bahwa cloud akan menjadi pusat teknologi TI. Di mana, cloud sendiri selalu berinovasi dengan teknologi baru, seperti arsitektur perangkat lunak cloud, komputasi tanpa server dan lain sebagainya. Sehingga, akan membuat cloud sebagai pusat inovasi teknologi.
Adanya Perangkat Semikonduktor Baru
Tren teknologi selanjutnya yang diprediksi akan hadir pada tahun 2020 adalah perangkat semikonduktor baru. Material yang baru ini akan bisa membuat perangkat interkoneksi melalui mekanisme fisik baru, membuat penyimpanan, dan membuat logika baru. Adanya material semikonduktor tersebut juga akan mendorong inovasi berkelanjutan pada industri semikonsuktor.
Penggunaan Aplikasi Blockhain
Terakhir adalah penggunaan aplikasi blockhain. Di mana, pada tahun 2020 diprediksi bahwa apikasi ini akan disiapkan untuk lebih inovatif dengan melakukan kolaborasi multi mesin. Hal ini tentunya akan menyebabkan aplikasi blockhain akan muncul pada berbagai industri dan ekosistem dalam skala yang sangat besar. Bahkan, bisa diadopsi secara massal oleh beberapa perusahaan tersebut.
Itulah 5 tren teknologi yang diprediksi akan hadir di tahun 2020. Berbagai tren tersebut bisa membuat para pelaku usaha akan dimudahkan. Terlebih dengan hadirnya aplikasi blockhain yang diprediksi akan diadopsi secara massal. Beberapa tren di atas juga memudahkan berbagai aspek kehidupan. Hanya saja, akan sangat sulit menerapkan berbagai teknologi di atas untuk Indonesia. 

Tidak ada komentar

*DiBukaBox tidak bertanggung jawab atas komentar yang Anda buat