Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Beberapa Pengaruh Kemajuan Teknologi

Beberapa Pengaruh Kemajuan Teknologi Dari waktu ke waktu selalu hadir inovasi baru terkait perkembangan teknologi. Yang mana inovasi itu sendiri dibuat guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam setiap harinya bahkan selalu bertambah. Inovasi teknologi itulah yang mengubah cara hidup dari masyarakat. Sebab mereka lebih sering mengutamakan dari kecanggihan teknologi.

Perkembangan teknologi itu sendiri adalah bukti dari peradaban manusia. Segala bentuk teknologi dibuat sesuai pola pikir manusia. Dan pola pikir itu terus saja berkembang serta mempunyai perbedaan masa. Yang mana mampu membuat teknologi dapat dipakai berdasarkan masanya. Salah satu contoh perkembangan teknologi yang jadi bukti peradaban manusia yaitu adanya lampu. Bila pada dulu kala penerangan di malam hari berasal dari obor, maka untuk sekarang ini manusia telah memakai lampu. Bahkan untuk masalah bentuk lampu pun berbeda-beda. Bahkan bervariasi dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Tahukah kalian jika pengaruh kemajuan teknologi berdampak pada pola hidup manusia juga.

Nah, berikut inilah pengaruh kemajuan teknologi yang dapat kalian simak :

Transaksi Jual-Beli

Pertama yaitu terkait kemajuan serta kecanggihan teknologi terkait transaksi jual-beli. Bila pada dulu kala transaksi jual-beli sellau diawali dengan tukar menukar barang atau barter. Bila kalian ingin ikan itu artinya kalian haruslah menukarnya dengan orang yang memiliki ikan. Cara transaksi seperti ini bahkan masih ada hingga sekarang. Namun hanya ada di di beberapa daerah saja. Model transaksi seperti ini cukup menguntungkan kedua belah pihak. 

pengaruh kemajuan teknologi

Lalu dengan lambat laun mulailah hadir alat pembayaran sah berupa uang. Masyarakat pun mulai bertransaksi memakai uang guna membeli berbagai jenis keperluan. Alat dari pembayaran itu sendiri dari hari ke hari mempunyai nominal besar, namun nilainya justru semakin kecil. Berbanding lurus dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Jadi sebelum adanya pengaruh kemajuan teknologi, masyarakat biasa melakukan tawar menawar sampai memperoleh harga sesuai.

pengaruh kemajuan teknologi
 
Berkomunikasi

Pengaruh kemajuan teknologi juga dapat dirasakan yaitu dengan mudahnya berkomunikasi. Komunikasi itu sendiri adalah suatu hal penting supaya membantu hubungan jarak jauh jadi lebih mudah. Diawali dari pena dan kertas. Kemudian ponsel pintar. Namun kelemahan dari komunikasi sekarang ini yaitu mendekatkan yang jauh tapi juga menjauhkan yang dekat. Lantaran ketika tengah berkumpul justru malah sibuk bermain ponsel. Namun, walau begitu dengan munculnya alat komunikasi canggih itu mempermudah pekerjaan.

Budaya

Penggaruh kemajuan teknologi selanjutnya yaitu dapat dilihat dari segi budaya. Yang mana Indonesia sering kali masuknya budaya luar yang sulit dicegah serta disaring sedemikian rupa. Artinya pencegahannya bergantung pada individu masing-masing. Banyak sekali kebudayaan Indonesia yang mulai bergeser. Contohnya yaitu budaya gotong royong.

Kehidupan masyarakat sekarang ini cukup individualis. Bahkan untuk mengumpulkan orang butuh adanya iming-iming supaya orang-orang bisa hadir. Bukan hanya budaya saja yang bergeser, tetapi juga mulai banyak budaya baru. Misalkan dengan banyaknya pergaulan bebas, kemudian memakai obat-obatan dan kegiatan menyimpang lain. Pengaruh kemajuan teknologi juga dapat kalian lihat mulai cara berpakaian, kemudian berkomunikasi, bisa juga bersosialisasi dan sebagainya.

Nah, dari adanya kemajuan teknologi itu sendiri mampu memberi pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat. Yang mana hampir semua aspek kehidupan bisa dipengaruhi teknologi. Jadi rangkaian di atas merupaka beberapa pengaruh kemajuan teknologi pada kehidupan manusia. Meski begitu tetaplah kita yang perlu pandai-pandai untuk memilah mana yang baik dan salah.

Posting Komentar untuk "Beberapa Pengaruh Kemajuan Teknologi "