Bergandeng Tangan Jaga Hutan dalam Mitigasi Perubahan Iklim di Tanah Air - DiBukaBox
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bergandeng Tangan Jaga Hutan dalam Mitigasi Perubahan Iklim di Tanah Air

Solidaritas Bergandeng Tangan: Memelihara Hutan untuk Mengurangi Dampak Perubahan Iklim di Indonesia

Hutan merupakan salah satu harta berharga bagi masyarakat Indonesia. Sudah sepantasnya hutan dijaga sebaik mungkin karena bisa jadi warisan berharga bagi anak cucu kita nantinya. Tidak hanya itu, hutan juga menjadi sumber daya yang melimpah dan bila dikelola dengan baik dapat menjadi sumber mata pencaharian bagi masyarakat lokal. 

Perubahan Iklim Pengaruhi Hutan Kita

Hutan Penjaga Iklim: Bersatu Menjaga Alam, Mengurangi Dampak Perubahan Iklim di Negeri Kita

Namun sudah tahukah kamu bahwa perubahan iklim yang terjadi di bumi ini berkembang semakin parah? Hal tersebut ternyata ikut berpengaruh pada hutan-hutan yang ada di tanah air tercinta. Jika dibiarkan begitu saja, hutan kita bisa rusak bahkan lenyap tak bersisa. 

Cuaca yang tidak menentu, suhu udara yang semakin meningkat, dan tanda-tanda perubahan iklim lainnya membuat hutan ikut goyah. Sebagai manusia yang berakal, sudah seharusnya kita bergerak untuk meminimalkan pengaruh perubahan iklim terhadap kelestarian hutan. Apalagi generasi muda dengan jiwa penuh semangat dan tenaga yang menyala. 

Program Pemerintah terhadap Mitigasi Perubahan Iklim

Kebersamaan Menjaga Hutan: Mengurangi Emisi, Melindungi Sumber Kehidupan di Tanah Air

Pemerintah Indonesia saat ini sudah mengambil langkah untuk menghadapi perubahan iklim demi menjaga kelestarian hutan di tanah air. Ada banyak jenis program yang telah dilakukan oleh pemerintah. Mulai dari penurunan laju deforestasi dan degradasi, pengelolaan hutan tanaman, dan penurunan laju kebakaran hutan serta lahan. 

Selain itu, pemerintah juga melakukan reklamasi lahan bekas tambang dan rehabilitasi lahan yang sudah mengalami degradasi. Semua langkah ini memiliki satu tujuan yaitu mempertahankan hutan dan memperbanyak lahan hijau secara optimal. Bahkan pemerintah juga berusaha untuk meningkatkan produktivitas hutan tanaman industri demi kesejahteraan ekonomi masyarakat dan kelestarian hutan. 
Peran Generasi Muda Selamatkan Hutan

Tidak hanya pemerintah yang bergerak dalam program rehabilitasi hutan sebagai mitigasi perubahan iklim. Generasi muda di tanah air juga ikut mengambil langkah besar dalam hal ini. Ada banyak sekali komunitas dan relawan yang terlibat dalam kegiatan pelestarian hutan di Indonesia. 

Nama programnya pun bervariasi mulai dari Suka Hutan, Pesona Hutan, Cerita dari Hutan, Hutan Itu Beragam, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, generasi muda dari berbagai daerah juga berusaha untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya hutan di kalangan masyarakat. Tujuannya tidak hanya demi kelestarian hutan itu sendiri namun juga demi kesejahteraan ekonomi bersama. 

Melalui berbagai jenis program cinta hutan tadi, generasi muda berusaha mengajak masyarakat lain untuk semakin mengenal hutan di Indonesia. Hutan bukan hanya sekadar tempat pohon dan hewan tinggal. Lebih dari itu, hutan juga menjadi tempat dimana pangan, air, energi, sandang, dan papan tersedia. Semua hasil hutan bisa kita manfaatkan tanpa merusak hutan itu sendiri. 

Gerakan Menjaga dan Memanfaatkan Hasil Hutan di Indonesia

Kini berbagai komunitas pecinta hutan berusaha untuk melindungi apa yang ada di dalam hutan sekaligus memanfaatkan sumber daya di dalamnya. Salah satu contohnya adalah gerakan Selaras (Sentra Ekonomi Lestari Serasan Sekate) dari anak-anak muda di Kabupaten Musi Banyuasin. Mereka berkolaborasi untuk mewujudkan pembangunan lestari lewat visi ekonomi lestari. 

Masyarakat Banyuasin memanfaatkan pewarna alami dari gambir untuk memproduksi kain gambo yang estetik. Langkah ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat di berbagai daerah lainnya untuk memanfaatkan apa yang ada di alam dan hutan kita. Jika dikelola dengan baik, maka hutan akan tetap terjaga dan masyarakat bisa merasakan manfaatnya. 

Selagi punya banyak waktu dan energi, mari berkontribusi menjaga dan menyelamatkan hutan kita. Sekecil apapun peran yang diberikan, pasti akan memberi begitu banyak makna untuk kelestarian hutan. Mulai saja dari cara termudah dengan berdonasi atau ikut kegiatan bersama komunitas dan relawan. 

1 komentar untuk "Bergandeng Tangan Jaga Hutan dalam Mitigasi Perubahan Iklim di Tanah Air"

  1. Setidaknya peran sekecil apapun dalam menjaga hutan, sangat membantu mengurangi perubahan iklim ya, kak.

    BalasHapus