Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Sumber : https://www.freepik.com/

Makanan yang mengandung protein tinggi sangat penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu, nutrisi yang ada di dalamnya sesuai bagi yang sedang menjalani program diet. Kebutuhannya setiap hari harus terpenuhi agar sistem tubuh dapat berjalan sempurna. Kekurangan protein pada anak-anak dapat menghambat pertumbuhannya. Pada orang dewasa dapat menurunkan imunitas. 

Untuk memenuhi kebutuhan protein harian bagi tubuh, bisa dari makanan hewani dan nabati. Harganya yang tidak selalu mahal menjadikan semua orang bisa memenuhi kebutuhan zat penting tersebut. Protein merupakan makro nutrisi yang dapat menghasilkan energi. Beberapa jenis protein tertentu bisa diproduksi oleh tubuh, namun sebagian besar hanya bisa diperoleh dari makanan. 

Jenis Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Berbagai macam jenis makanan yang mempunyai kandungan protein tinggi mudah ditemui. Kecukupan protein bagi tubuh sangat penting. Agar tidak bosan, bisa menyelang-nyeling bahan makanan berprotein tinggi tersebut, baik yang berasal dari bahan hewani maupun nabati. 

Selain bahan, cara mengolahnya pun harus benar. Cara pengolahan yang salah bisa menyebabkan kandungan protein dalam bahan makanan hilang. Akibatnya meski sudah mengkonsumsi dalam jumlah cukup, namun kebutuhan zat tersebut bagi tubuh tidak terpenuhi. Agar tubuh tidak kekurangan protein, Anda bisa memenuhinya dari: 

Brokoli

Sayuran hijau ini mempunyai rasa segar dan enak. Apalagi jika pandani mengolahnya. Selain enak, kandungan nutrisi di dalamnya juga tinggi dan penting bagi tubuh. Dalam setiap 100 gr brokoli, terdapat protein sebesar 25 gram. Kandungan zat lain yang juga sangat penting bagi tubuh adalah vitamin C, vitamin K dan kalium. 

Biji labu

Sebelumnya bagian dari makanan ini banyak yang menyepelekan khasiatnya. Namun setelah terbukti mengandung berbagai jenis zat penting bagi tubuh, tidak sedikit yang mengolahnya menjadi cemilan. Setiap 100 gr biji labu mengandung 18,9 gr protein.
Bahan lain yang tidak kalah penting adalah kalsium, zat besi dan vitamin C. Untuk menikmati biji labu, Anda bisa menemukannya dalam bentuk kuaci atau campuran salad. Ada juga yang memanggangnya sehingga menjadi renyah. 

Telur

Seluruh bagian telur merupakan sumber protein yang baik bagi kesehatan. Teksturnya yang lunak menjadikan siapa saja bisa mengkonsumsinya. Jenis makanan hewani ini sering menjadi pelengkap gizi bagi balita dan orang yang sedang dalam masa penyembuhan. Dalam setiap 100 gr telur terdapat 12 gr protein. 

Selain itu, dalam setiap butir telur juga mengandung vitamin A dan selenium. Kandungan protein dalam telur mudah terserap sehingga cepat memenuhi kebutuhan tubuh. Bagi yang sedang menjalani program diet, protein dalam telur sangat baik sehingga tubuh tetap mendapat nutrisi lengkap. 

Dada ayam

Semua bagian ayam mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Keunggulan bagian dada adalah hanya mempunyai lemak dalam jumlah sedikit sehingga lebih menyehatkan bagian ini mengandung protein, selenium, vitamin B dan kolin. Melengkapi menu makanan dengan dada ayam bisa memberikan gizi seimbang bagi kebutuhan tubuh, apalagi harganya juga cukup terjangkau. 

Udang

Bahan makanan yang hidup di air ini terbukti mengandung nutrisi lengkap dalam jumlah cukup. Setiap 1 ons mengandung 20 gr protein. Udang juga bagus untuk menjaga kecantikan kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya cukup tinggi sehingga kulit tetap terjaga dari pengaruh buruk lingkungan. 

Dalam setiap gr udang juga mengandung yodium, kalsium dan zat penting lainnya. Cara mengolahnya yang mudah dan cepat bisa menjadikan alternatif lauk yang bisa disajikan kapan saja. Untuk mendapatkan udang juga cukup mudah karena tersedia di pasar tradisional maupun pasar modern. 

Salmon

Jenis ikan ini memang terbilang cukup mahal. namun uang yang dikeluarkan setara dengan rasa dan manfaat yang bisa diperoleh. Ikan salmon mengandung protein 9 rg dalam setiap 100 gr. Selain itu juga terdapat potassium, vitamin B12 dan vitamin B6. 

Jenis ikan satu ini terkenal dengan rasanya yang gurih dan nikmat. Cara mengolahnya juga sangat mudah. Cukup dengan merebus, menggoreng atau membakarnya, daging ikan salmon dan empuk mudah matang dan siap untuk dikonsumsi. 

Daging sapi bebas lemak

Bagian dari sapi seperti has luar dan panggung mempunyai daging yang empuk dan bebas lemak. kandungan proteinnya pun tinggi. Tidak salah jika banyak yang memilihnya sebagai bahan aneka makanan.

Banyak yang mengolahnya menjadi steak dengan cita rasa tinggi. Karena empuk, siapa saja bisa menikmatinya tanpa khawatir alot. Ini yang menjadikannya bagian dari sapi yang banyak disajikan di kafe atau resto. 

Jika ingin menikmati makanan yang mengandung protein tinggi dengan cita rasa lezat, Anda bisa datang ke Holycow. Menu steak di steak hotel Holycow terkenal dengan rasa dan teksturnya. Dagingnya super lembut, diolah menggunakan bumbu pilihan sehingga menambah kepuasan dalam menikmatinya. Anda bisa datang kapan saja untuk menyantap steak yang sangat khas ini.

Posting Komentar untuk "Makanan yang Mengandung Protein Tinggi"