Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Tips Memilih Oli Motor Matic

Tips Memilih Oli Motor Matic

Dengan semakin banyaknya jenis motor matic yang diproduksi pabrik menjadikan pilihan yang tersedia bervariasi. untuk merawat kendaraan ini tidak boleh sembarangan. Salah satu yang perlu mendapat perhatian adalah jenis oli motor matic yang digunakan harus sesuai.

Pemilihan yang tepat bisa membuat mesin lebih awet dan performanya tetap terjaga sehingga untuk medan seberat apapun kendaraan tetap aman melaluinya. Terdapat banyak jenis oli untuk matic sehingga sebelum memilih perlu ketelitian. Oli cukup encer membuat perputaran mesin terasa ringan, namun cepat menguap. Sebaliknya semakin kental, tarikan berat. 

Cara Memilih Oli untuk Motor Matic Terbaik

Sebenarnya untuk memilih oli motor matic yang paling tepat cukup mudah. Dalam manual book atau buku panduan pada saat membeli, sudah ada kriteria kekentalan yang paling tepat digunakan. Namun sayangnya tidak semua pemilik memperhatikan hal ini dan menganggap semua jenis oli sama. 

Fungsi oli bagi kendaraan bermotor jenis matic adalah sebagai pelumas sehingga pada saat berjalan tidak terjadi gesekan antar bagian dengan kasar yang menyebabkan cepat aus. Pada mesin, oli penting untuk menjaga tarikan agar tetap nyaman dan mengurangi overheat. Cara memilih oli motor matic yang benar dengan memperhatikan hal berikut ini.

1. Kekentalan 

Setiap jenis oli mempunyai kode berbeda. Sebelum membeli dan menggunakan, perhatikan hal tersebut. Oli dengan kode SAE menunjukkan viskositas tau tingkat kekentalan. Kode ini harus disesuaikan dengan kebutuhan mesin kendaraan yang tertera pada buku petunjuk. Istilah SAE kependekan dari Society of Automotive Engineering.

Kode pada oli terdiri dari huruf dan angka. Sebagai contoh salah satunya SAE 10W-40. Huruf W mengacu pada kondisi dingin atau Winter, jadi data pada kode tersebut berdasarkan kondisi ketika musim dingin. Sedangkan angka di belakang huruf W menunjukkan tingkat kekentalan. 

Jenis oli juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Untuk oli kental membuat suara mesin terdengar halus namun mempunyai tarikan berat. Disamping itu, mesin akan menjadi boros bahan bakar. 

2. Sesuaikan dengan umur motor

Bukan hanya kode sejenis SAE, terdapat kode yang menunjukkan umur kendaraan yang bisa menggunakan jenis oli tersebut. Ketika membeli oli, harus menyesuaikan dengan tahun pembuatan kendaraan. sebagai contoh kode SN untuk motor tahun 2010 ke atas, SM untuk 2010 ke bawah dan SL untuk 2004 ke bawah.

Produsen membuat oli dengan memberi kode sesuai dengan spesifikasi kendaraan buatan tahun tertentu. Meski oli untuk kendaraan tahun lebih muda mempunyai banyak keunggulan namun tidak sesuai untuk keluaran tahun sebelumnya karena spesifikasinya berbeda. 

3. Perhatikan volumenya

Kebutuhan oli tergantung dari besar cc dari mesin. Semakin besar cc maka kebutuhan oli bertambah besar.  Sebagai contoh, untuk mesin di atas 150 cc membutuhkan oli sebanyak 1.000ml. sedangkan untuk mesin di bawah 150 cc membutuhkan oli sekitar 800 ml. Jika kurang dari kebutuhan, maka gesekan antar bagian akan bertambah besar sehingga bisa mengalami overhead.
 
4. Pakai yang mempunyai reputasi tinggi

Banyak oli berbeda merek dengan kode SAE maupun kode umur yang sama, mana yang lebih berkualitas? Sebaiknya untuk hal ini, memilih jenis oli yang mempunyai reputasi tinggi. Salah satu cara untuk mengetahuinya dengan melihat mana yang paling banyak menjadi pilihan konsumen. 

5. Minta rekomendasi teknisi

Selain dengan melihat mana yang lebih banyak menjadi pilihan, sebelum memilih oli motor matic bisa bertanya pada teknisi. Karena hampir setiap hari bekerja dan memeriksa kondisi kendaraan, teknisi lebih paham kelebihan dan kekurangan berbagai jenis merek oli untuk kendaraan motor matic. Karena itu rekomendasinya perlu dipertimbangkan. 

6. Harga menentukan kualitas

Harga oli berbeda-beda tergantung kualitasnya. Biasanya semakin mahal maka bertambah bagus. Untuk performa mesin matic terbaik dan agar kendaraan lebih awet jangan segan mengeluarkan uang lebih ketika membeli oli. Perawatan kendaraan yang optimal akan memberikan kenyamanan saat mengendarainya. 

Meski oli tidak secara langsung berhubungan dengan tenaga dari mesin kendaran namun sangat penting untuk menjaganya tetap prima. Karena itu memilih oli mesin matic harus selektif dan tidak boleh sembarangan. Kesalahan dalam memilih bisa menjadikan sparepart cepat aus sehingga perlu menggantinya dan mengeluarkan biaya yang lebih besar.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Oli Motor Matic"