Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Pengakuan Dosa Keuangan selama 2022, Perbaiki di 2023 Bareng KoinWorks

Pengakuan Dosa Keuangan selama 2022, Perbaiki di 2023 Bareng KoinWorks

Akhirnya sampai juga di penghujung tahun 2022. Tentu ada banyak hal yang sudah terjadi di sepanjang tahun 2022 ini. Tidak terkecuali dosa-dosa keuangan yang tanpa sadar sudah aku lakukan. Tanpa disadari, semua kesalahan finansial tadi membuat aku rugi besar. Kalau diingat kembali rasa-rasanya ingin mengulang dari awal dan memperbaiki semua kesalahan tersebut. 

Dosa Finansial di 2022

Sebagai manusia biasa, aku pastinya tidak luput dari khilaf. Terutama saat berhubungan dengan uang. Banyak sekali momen dimana aku pada akhirnya menghabiskan banyak uang untuk hal-hal yang kalau dipikir ulang ternyata tidak begitu penting. Mau tahu apa saja dosa finansial yang sudah aku lakukan di tahun 2022 ini?

Impulsif Jajan Makanan Viral

Ini dosa finansial yang sepertinya paling banyak aku lakukan selama tahun 2022. Jajan makanan viral yang rasanya enak itu jadi godaan tersendiri untukku. Bahkan bisa habis banyak uang hanya untuk jajan. Tapi mau bagaimana lagi? Rasanya menyenangkan bisa banyak jajan dan mencoba berbagai jenis makanan enak. 

Apalagi sekarang ada aplikasi pesan antar makanan yang mudah sekali untuk dipakai. Aku jadi bisa pesan berbagai jenis makanan secara online terus tinggal tunggu saja di rumah. Padahal aku bisa saja lebih hemat dengan mengurangi jajan dan memilih makan sendiri di rumah. 

Beli HP Baru karena Ikut Tren

Pasti tahu kan kalau di zaman sekarang itu HP atau smartphone jadi salah satu barang wajib. Aku juga merasa kalau smartphone ini sangat penting. Sayangnya aku terlalu cepat mengambil keputusan untuk membeli HP baru di tahun 2022 ini. Padahal kalau dipikir-pikir lagi, HP yang sebelumnya aku pakai juga masih bagus dan masih layak dipakai. 

Tapi mau bagaimana lagi? Sekarang banyak smartphone baru bermunculan dan fiturnya begitu lengkap. Rasanya sayang kalau melewatkannya begitu saja. Akhirnya aku tidak pikir panjang untuk beli HP karena merasa ada bujetnya. Padahal aku bisa saja menyimpan uang tadi dan tetap memakai HP yang lama.

Banyak Nongkrong

Ini juga jadi salah satu kesalahan finansial yang banyak aku lakukan di tahun 2022. Aku terlalu banyak nongkrong sama teman-teman. Biasanya aku nongkrong di coffee shop dan otomatis jajan kopi juga di sana. Tanpa disadari, kebiasaan ini ternyata menghabiskan uangku terlalu banyak. 

Satu kali nongkrong bisa berjam-jam dan pastinya tidak hanya jajan kopi tapi juga makanan di sana. Sebenarnya aku bisa saja tidak nongkrong. Pastinya bisa lebih hemat kalau langsung pulang setelah beraktivitas. Lagipula nongkrong juga tidak ada tujuan pasti, cenderung membuang-buang waktu dan uang. 

Tidak Menabung dan Investasi

Dari semua kesalahan finansial yang aku lakukan di tahun 2022, ini sepertinya jadi kesalahan terbesar yang aku sesali. Aku tidak menyisihkan uang untuk ditabung dan diinvestasikan. Padahal ini jadi salah satu kunci supaya finansial bisa tetap stabil. Sayang sekali, aku tidak memanfaatkan waktu di tahun 2022 secara optimal. 

Uang yang aku miliki habis untuk keperluan konsumtif dan hiburan. Aku mungkin sempat menabung, tapi sedikit saja dan itu sebenarnya tidak sebanding dengan pemasukan yang aku terima. Kalau saja aku lebih teliti, sebenarnya ada lebih banyak uang yang bisa aku tabung. Apalagi kalau aku sadar untuk berinvestasi, mungkin sekarang aku bisa punya uang lebih banyak lagi. 

Resolusi Finansial di 2023

Menuju tahun baru 2023, Aku berniat untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan finansial yang sudah terjadi. Bagaimanapun juga aku ingin punya finansial yang matang di masa depan. Kalau tidak diperbaiki secepatnya, pasti kondisi finansialku akan jadi bertambah rumit. 

Supaya target tersebut bisa tercapai aku sudah menyusun beberapa rencana. Pertama-tama, aku akan mulai membiasakan diri untuk lebih ketat lagi mengatur pengeluaran. Aku akan menggunakan rencana anggaran dana setiap bulan. Tidak hanya itu, aku juga mau mengubah gaya hidup supaya pengeluaran bisa lebih terkontrol. 

Tidak lupa, aku juga mau mulai menabung dan berinvestasi. Supaya bisa lebih mudah, aku akan menggunakan KoinWorks sebagai partner investasi yang aman dan tepercaya. 

Investasi P2P bersama KoinWorks

Salah satu instrumen investasi yang bisa diandalkan di tahun 2023 mendatang adalah P2P lending dari KoinWorks. Ada produk KoinP2P Grade S yang cocok sekali untuk para investor pemula dan cenderung cari aman dalam berinvestasi. Biasanya pendanaan P2P ini dikenal cukup berisiko karena memang nilai imbal hasilnya juga tinggi. 

Sekarang KoinWorks menghadirkan fasilitas pendanaan P2P dengan risiko yang jauh lebih rendah. Grade S ini memiliki risiko yang lebih ringan sehingga cocok untuk pemula seperti aku. 

Melalui instrumen investasi ini, KoinWorks menjalin kerja sama dengan mitra yang menjadi repeat borrower yang tidak ada riwayat gagal bayar dan punya bisnis berkelanjutan. Nantinya mitra tersebut akan menyalurkan dana dari pihak lender KoinWorks. Jadi mitranya jelas sehingga bisa dipastikan pembayaran berjalan lancar dan mengurangi risiko. 

Selain itu KoinP2P Grade S ini juga merupakan jenis investasi yang dipakai untuk membantu pekerja informal sehingga status ekonomi akan meningkat. Jadi intinya Grade S ini punya risiko rendah tapi impact-nya begitu besar. Cocok sekali bagi investor yang masih pemula dan butuh banyak eksplorasi di dunia investasi. Dengan Rp100.000, kamu sudah bisa berinvestasi di ini. Kayaknya bisa nih ya, kurangi jajan viral dan nongkrong, dan sisihkan Rp100.000 buat investasi.

Mari mulai perbaiki semua kesalahan atau dosa finansial 2022 ini di tahun 2023 mendatang. Langkah investasi ini bisa jadi resolusi yang bagus untuk diwujudkan. Terutama untuk aku yang ingin mencapai kemerdekaan finansial di usia muda. 

Bagi kamu yang mau coba mendanai di KoinP2P Grade S, download dulu aplikasi KoinWorks di link ini dan pake kode promo di link ini untuk dapetin free KOIN 350.000 yang bisa kamu pakai mendanai di KoinP2P dan extra rate 1% untuk pendanaan di KoinRobo.

Posting Komentar untuk "Pengakuan Dosa Keuangan selama 2022, Perbaiki di 2023 Bareng KoinWorks"