Search

Berikan Imunisasi Untuk Anak, Indonesia Maju Dengan Anak Sehat


Memiliki anak tentu menjadi sebuah tanggung jawab besar yang harus setiap orang penuhi dalam kehidupan. Setiap orang tua tidak hanya memiliki tanggung jawab untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anak, namun juga menjaga kesehatan mereka. Menjaga kesehatan anak tentu tidak hanya dengan memberikan nutrisi terbaik, namun juga perlu menjaga pemberian imunisasi yang mereka butuhkan. Imunisasi untuk anak menjadi sebuah hal yang penting dalam upaya untuk melakukan pencegahan resiko berbagai penyakit yang mungkin akan mereka hadapi.

Pemerintah melalui kementerian kesehatan RI telah menyediakan pelayanan imunisasi yang bisa setiap anak dapatkan. Pada masa pandemi seperti saat ini tentu imunisasi menjadi hal yang sangat penting bagi anak. Karena dengan imunisasi maka anak akan terlindung dari berbagai penyakit, termasuk juga wabah covid-19 yang sekarang masih berlangsung. Pada masa pandemi covid-19 seperti saat ini pelayanan imunisasi masih tetap berjalan dan harus anak dapatkan sesuai dengan tahapan yang diperlukan.

Untuk memberikan imunisasi untuk anak kamu cukup membuat janji temu dengan faskes penyedia layanan. Datanglah tepat waktu dan jangan lupa untuk mengenakan masker demi keselamatan bersama, cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak menjadi hal yang penting. Imunisasi pada masa pandemi masih tetap harus anak dapatkan sesuai dengan jadwal yang seharusnya.

Bantu Terlaksananya Imunisasi Untuk Anak, Dukung Kemajuan Indonesia

 
Prof. Dr. dr. Hindra Irawan Satari Sp.A(K)., MTropPaed
 
Bagaimana cara berikan imunisasi untuk anak pada masa pandemi?

Bunda tidak perlu khawatir tentang imunisasi yang harus tetap anak dapatkan selama masa pandemi. Karena imunisasi bisa anak dapatkan pada penyedia faskes terdekat, baik itu puskemas, fasyankes lain serta juga bisa bunda lakukan pada posyandu. Jangan khawatir atas keamanan melakukan imunisasi selama masa pandemi karena pelaksanaannya sudah sesuai dengan protokol kesehatan.

Pentingnya memberikan imunisasi dengan lengkap untuk anak


Memberikan imunisasi untuk anak tentu menjadi sebuah hal yang sangatlah penting karena ada banyak kasus kematian yang terus terjadi. Dengan adanya imunisasi maka setidaknya antara 2 hingga 3 juta dapat dengan mudah dicegah. Setidaknya ada sebanyak 26 jenis penyakit yang dapat bunda cegah dengan memberikan imunisasi bagi anak sesuai dengan jadwal. Pemberian imunisasi tentu akan sangat membantu untuk membatasi atau mengurangi resiko penyakit pada tahap awal.

Lengkapi imunisasi yang anak butuhkan


Bayi yang berusia 0-11 bulan harus sudah mendapatkan imunisasi dasar seperti HB 0 1 dosis, BCG 1 dosis, DPT-HB-HIB 3 dosis. Selain itu untuk tahapan usianya tersebut anak juga memerlukan imunisasi polio tetes (OPV) 4 dosis, polio suntik (IPV) 1 dosis, dan campak rubella 1 dosis. Bagi bayi yang berusi 18-24 bulan anak harus bisa mendapatkan imunisasi lanjutan seperti DPT-HB-Hib1 dosis, dan campak rubella 1 dosis. Bagi anak yang sudah masuk SD harus mendapatkan imunisasi seperti campak rubella dan DT pada anak kelas 1, Td untuk anak kelas 2.

Manfaat dari pemberian imunisasi lengkap


Dengan memberikan imunisasi secara lengkap kepada anak maka beragam manfaat bisa mereka dapatkan. Imunisasi dapat membantu proteksi spesifik dari individu, membentuk kekebalan tubuh, dan juga memberikan proteksi pada lintas kelompok. Beragam manfaat tersebut akan bisa membantu Indonesia lebih maju di masa mendatang. Karena dengan generasi yang sehat maka Indonesia mampu untuk lebih maju pada masa yang akan datang.

Untuk itu maka penting bagi para bunda agar dapat memberikan imunisasi untuk anak dengan lengkap sesuai jadwal. Indonesia maju dengan anak sehat.

#AyoImunisasi

Tidak ada komentar

*DiBukaBox tidak bertanggung jawab atas komentar yang Anda buat