Dampak Gadget Bagi Pendidikan Anak


Dampak Gadget Bagi Pendidikan Anak - Teknologi tentu memberi pengaruh luar bisa pada kehidupan kita, keluarga, teman, lingkungan, sekolah, dan lainnya. Pentingnyaa mengetahui teknologi adalah hal yang wajib, pasalnya mengetahui perkembangan keilmuan sesuai zaman adalah kebutuhan setiap orang. Banyak dampak positif yang dirasa seperti akses internet yang tidak terbatas, komunikasi yang mudah, serta informasi yang dapat diakses dari seluruh dunia. Dampak paling dirasakan yaitu dari gadget, lalu bagaimana gadget bagi anak ?

Gadget dan Anak

Gadget bagi anak

Gadget bagi anak, anak memang belum di izinkan sepenuhnya untuk menggunakan gadget, namun kita pasti tahu bahwa anak juga merasakan dampak bagi teknologi smartphone ini. Perlu kita garis bawahi juga, bahwa dampak tidak selamanya yang baik saja atau yang buruk saja, melainkan semuanya terdapat dampak didalamnya. Berapa presentasinya lah yang menjadi tolak ukur baik atau tidaknya untuk dilakukan.

Manfaat positif sudah tidak perlu ditanyakan lagi, lalu apakah ada dampak negatifnya?  Beberapa dampak yang dirasa negatif ini seperti :

Gadget bagi anak

  •  Kurangnya perhatian terhadap anggota keluarga atau lingkungan sekitar
  •  Pemakaian gadget berlebihan dapat menimbulkan mata minus
  •  Malas untuk belajar atau membaca
  •  Membuat dunianya sendiri
  •  Kurang fokus dalam belajar

Beberapa dampak gadget bagi anak diatas menjadi acuan bagi kita sebagai orang yang lebih dewasa untuk lebih memperhatikan dan mendampingi anak dalam menggunakan gadgetnya. Sebenarnya penggunaan yang sesuai dan dalam pengawasan yang baik tidak akan meninmbulkan dampak negatif yang berarti, melainkan lebih memaksimalkan dampak positif dari penggunaan gadget itu sendiri.
 gadget bagi anak

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting, memang jika ditinjau kembali ada banyak manfaat dalam penggunaan gadget bagi anak, seperti media dalam belajar yang lebih bervariasi, bisa digunakan sebagai olahraga otak, melatih kemampuan coding dan lainnya. Semuanya dampak positif tersebut sangat ditentukan dari pendampingan dan contoh sikap dari orang yang lebih dewasa.

Solusi untuk itu?

Melihat adanya dampak negatif yang cukup banyak bagi anak dan pendidikan anak, kita harus memkirkan upaya apa yang bisa dilakukan dalam mencegah ataupun mengurangi dan menanggulangi dampak negatif dari gadget bagi anak tersebut. Beberapa diantara yaitu:

  •        Tidak bermain HP/gadget / smartphone di depan anak dalam jangka waktu yang lama.
  •          Luangkan waktu untuk anak, dan bermain dengannya.
  •          Mendampingi anak saat bermain gadget
  •          Ajak mereka berdiskusi
  •          Ajak mereka berkeliling ke tempat-tempat bersejarah atau monument
  •          Dan lainnya.

Masih banyak lagi cara yang bisa digunakan untuk mengatasi dampak tersebut, pentingny hal ini sangatlah baik untuk kita pelajari dan ketahui. Hak yang wajib didapatkan oleh seorang anak adalah hal yang membahagiakan. Pastikan apapaun kegiatan yang dilakukan oleh mereka dalah hal yang membuat mereka bahagia dan mereka menyukainya. Karena gadget bagi anak adalah hal yang paling sering menjadi akar permasalahan dan banyak disepelekan oleh beberapa orang.

Mari lebih kenali diri sendiri, anak, keluarga, dan lingkungan sekitarnya agar tetap mampu menerima dampak positif dari perkembangan teknologi yang ada dan mengurangi dampak negatif yang ada. Gunakan gadget dengan sebaik mungkin, ajarkan hal baik dan cara menggunakan yang baik dan benar untuk gadget bagi anak anda.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua khususnya gadget bagi anak, mohon maaf bila terdapat kesalahan, sekian dan terimakasih.

Tidak ada komentar

*DiBukaBox tidak bertanggung jawab atas komentar yang Anda buat