Tips Simpel Merawat Baterai Kamera Agar Tahan Lama dan Awet

Tips Simpel Merawat Baterai Kamera Agar Tahan Lama dan Awet! Kini, kamera memang menjadi salah satu gadget yang ramai digunakan oleh remaja. Banyak sekali remaja yang dengan percaya diri membawa gadget yang satu ini ketika nongkrong bersama teman-temannya. Bisa jadi mereka memang masih sedang senang-senangnya menyukai dunia fotografi ini. Sehingga, kemana saja mereka pergi maka gadget ini akan tergantung di pundak mereka.

Lebih dari itu, para fotografer sebenarnya lebih membutuhkan benda yang satu ini. Mereka sering menggunakan kamera untuk memotret objek apa saja. Terlebih lagi ketika acara pernikahan mereka juga turut hadir guna mengabadikan momen yang ada. Menggunakan kamera tanpa melakukan perawatan memang dapat menyebabkan kamera rusak dan mengalami penurunan performa. Salah satu masalah yang sangat menjengkelkan ialah ketika baterai tiba-tiba habis padahal sebelumnya sudah di charger.

Hal ini memang tidak mustahil terjadi jika kamu lalai dalam perawatan baterai kamera. Baterai kamera juga butuh perawatan tersendiri agar performanya tidak menjadi turun begitu cepat. Agar kejadian ini tidak terjadi atau tidak terulang lagi, simak dulu yuk tips simpel merawat baterai kamera di bawah ini!

merawat baterai kamera
Selesai Digunakan Hendaknya Matikan Kamera

Dalam hal ini sebenarnya kembali lagi kepada kebutuhan kamu. Jika kamu sedang ingin memotret momen yang tidak bergerak dalam artian pemandangan alam maka cara ini berlaku. Setelah selesai memotret pemandangan yang kamu inginkan maka segera matikan kamera. Akan tetapi jika kamu ingin memotret momen yang memang memiliki pergerakan seperti pertandingan olahraga maka berbeda. Kamu bisa membiarkan kamera menyala agar tidak tertinggal momen apapun yang ada.

Menggunakan Viewfinder

Cara merawat baterai kamera kedua ini menggunakan Viewfinder atau lensa kecil yang terletak pada bodi belakang kamera di atas. Hal ini dapat membantu agar baterai kamu lebih hemat dibandingkan menggunakan LCD display. Menggunakan Viewfinder memang dapat lebih efektif dan hemat baterai karena kamu hanya mengukur objek yang akan dipotret saja. Jika tidak ada fitur ini maka kamu bisa menggunakan LCD display brightness dengan mengaturnya pada tingkat paling rendah.

merawat baterai kamera

Hindari Melihat Hasil Foto Terlalu Sering

Umumnya pengguna kamera setelah memotret suatu objek akan langsung melihat hasilnya bukan? Menggunakan fitur playback dengan terlalu sering dapat menyebabkan baterai kamera boros. Seperti yang telah kita singgung sebelumnya jika LCD display memang dapat membuat daya cepat terkuras. Tentu kamu tidak ingin bukan kehabisan baterai sementara ada banyak objek yang ingin diambil? Akan lebih baik menunggu semua foto ditransfer ke ponsel kamu.

Mematikan Fitur yang Tidak Digunakan

Cara merawat baterai kamera selanjutnya ialah dengan mematikan semua fitur yang tidak digunakan. Baterai yang boros kadangkala disebabkan oleh semua fitur yang menyala dalam waktu bersamaan. Untuk membuat baterai tidak terlalu boros akan lebih baik menyeleksi fitur yang tidak di perlukan untuk dimatikan. Selain itu, fitur flash juga cukup memakan daya hingga ada baiknya menggunakannya pada waktu tertentu saja.

Menyimpan Baterai dengan Cara yang Tepat

Terakhir kamu dapat menyimpan baterai kamera dengan cara yang tepat. Kamu bisa menghindari tempat yang lembab juga panas. Simpanlah baterai ditempat yang dingin serta kering lengkap dengan sillica gel juga. Cara merawat baterai kamera di atas dapat kamu terapkan pada baterai kamera kamu. Jangan lupa untuk tetap mengontrol penggunaan baterai kamera dengan baik juga.

1 komentar

  1. Terimakasih tipsnya mas, Sya beli bterai kamera dari 3 tahun lalu masoh awet smpe sekrang. Tapi ketahananmya udha mulai kurang

    BalasHapus

*DiBukaBox tidak bertanggung jawab atas komentar yang Anda buat