Mengenal Keunggulan Komputer Analog yang Sangat Penting

Mengenal Keunggulan Komputer Analog yang Sangat Penting! Pernahkah kamu mendengar mengenai komputer analog? Salah satu pengaplikasian komputer analog ini sangat dekat dengan kehidupan kita. Jika kamu pernah melihat spedometer yang menggunakan jarum maka inilah salah satu contoh komputer analog. Rangkaian mesin yang tidak menggunakan rangkaian elektronik juga pengoperasiannya melainkan secara analog dikatakan sebagai komputer analog. Nah untuk keunggulan komputer analog ini juga sangat banyak dalam kehidupan kita.

Keunggulan Komputer Analog Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Untuk Mengukur Objek Tertentu

Spedometer menjadi salah satu contoh dari komputer analog. Fungsi dari spedometer sendiri guna mengukur berapa kecepatan kendaraan ketika kamu menggunakannya. Hal ini pula yang membuktikan jika salah satu keunggulan atau fungsi dari komputer analog ilah untuk mengukur objek tertentu. Dalam hal ini komputer analog mengukur kecepatan kendaraan kamu. Perlu diketahui jikalau terdapat alat-alat lain yang menggunakan teknologi analog ini. Misalnya saja seperti amperemeter, seismograf, voltmeter dan masih banyak lagi.

Tidak Membutuhkan Listrik

Keunggulan komputer analog kedua ialah tidak memerlukan aliran listrik. Dalam hal ini kamu tetap bisa mengoperasikannya meski tidak ada listrik sekalipun. Berbeda halnya dengan komputer digital yang kerap digunakan saat ini yang membutuhkan aliran listrik. Menggunakan komputer digital sangat menguntungkan karena tidak membutuhkan aliran listrik. Meski demikian beberapa komputer analog juga sudah diperbaharui hingga akhirnya membutuhkan aliran listrik untuk menggunakannya.

Keunggulan komputer analog

Harga Relatif Lebih Murah

Keunggulan yang sangat disukai oleh masyarakat pada umumnya ialah mengenai harganya. Harga komputer analog memang tidak terlalu mahal karena rangkaian mesin komputer ini juga tidak terlalu banyak alat elektroniknya. Meski harganya tidak mahal akan tetapi kamu perlu berhati-hati karena suku cadang yang asli sulit didapatkan. Meskipun begitu, ada alat analog yang harganya memang lebih mahal dibandingkan komputer analog seperti seismograf. Tentu kamu sudah paham bukan jika alat ini berfungsi untuk mengukur getaran gempa?

Keunggulan komputer analog

Hasil yang Ditunjukkan Sangat Akurat

Keunggulan komputer analog keempat ialah hasil yang ditujukan bisa sangat akurat. Sehingga kamu bisa mengetahui arus daya, jumlah juga besaran dengan lebih akurat dari suatu objek.  Melalui hal ini pula menjadi alasan komputer analog lebih sering menunjukkan jarum juga angka-angka. Akan tetapi yang perlu kamu ingat ialah jika komputer ini bisa saja mengalami kerusakan hingga akhirnya menunjukkan hasil yang tidak akurat.

Bisa Digunakan Secara Terus-Menerus

Perlu diketahui jikalau komputer analog ini memiliki keunggulan dapat digunakan secara terus-menerus. Dalam hal ini kita akan lebih mudah menjumpainya pada pabrik-pabrik. Jika kamu masuk ke dalam pabrik tentu akan melihat banyak mesin yang memang jarang dimatikan. Sehingga mesin dapat terus beroperasi dua puluh empat jam penuh. Sehingga produksi dalam pabrik ini akan dilakukan secara terus-menerus.

Dapat Digunakan Untuk Mengolah Data Secara

Keunggulan komputer analog selanjutnya ialah bisa digunakan untuk mengolah data secara fisik. Misalnya saja beberapa contohnya seperti spedometer, seismograf juga termometer. Perlu diingat lagi jika komputer analog ini hanya digunakan untuk pengukuran saja.

Tidak Membutuhkan Bahasa Tertentu

Keunggulan terakhir yang dimiliki oleh komputer analog ini ialah tidak membutuhkan bahasa atau kode tertentu. Sehingga kamu juga bisa menjalankannya dengan lebih mudah dibandingkan komputer digital. Untuk cara penggunaan komputer analog ininhnya perlu menekan tombol juga menggerakkan benda tertentu. Sehingga komputer dapat bekerja untuk mengukur sesuatu.
Nah itulah beberapa keunggulan komputer analog yang dapat kita bahas pada kesempatan kali ini. Perlu diingat jika komputer analog ini cukup menaruh peranan penting dalam kehidupan kita.

Tidak ada komentar

*DiBukaBox tidak bertanggung jawab atas komentar yang Anda buat