Kenali 4 Dampak Positif Gadget Terhadap Perkembangan Anak

Kenali 4 Dampak Positif Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Di era digital saat ini, memang kita tidak akan terlepas dari gadget dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan gadget sudah menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa ditinggalkan. Hal ini dikarenakan perkembangan dunia digital sudah sangat berkembang dengan pesat dimana kegiatan apapun itu bisa dikerjakan secara online dengan menggunakan jaringan internet.

Sebenarnya apa sih gadget itu? Pertanyaan ini mungkin akan timbul di benak anda jika belum memahami pengertian tentang gadget. Nah, gadget ini adalah suatu istilah dari bahasa Inggris yang berarti suatu perangkat kecil yang digunakan dengan fungsi tertentu. Di Indonesia sendiri, gadget diartikan dengan smartphone atau telepon pintar yang tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan komunikasi semata namun bisa melakukan hal-hal lainnya juga seperti menonton video/film secara live streaming, mendengarkan lagu, dan sebagainya.

Jika dilihat pengguna dari gadget ini sendiri sangat beragam, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Namun bagi para orang tua pasti ada kekhawatiran tersendiri dengan kondisi saat ini jika anak-anaknya menggunakan gadget. Hal ini dikarenakan apabila digunakan secara berlebihan akan sangat berdampak buruk bagi tumbuh kembang sang buah hati. Namun perlu anda ketahui bahwa gadget ini memiliki dampak yang sangat positif bagi perkembangan anak, asalkan penggunaannya tidak terlalu berlebihan dan masih di bawah pantauan anda sebagai orang tua. Oleh karena itu, dalam ulasan kali ini kita akan membahas mengenai 4 dampak positif gadget terhadap perkembangan anak yang harus para orang tua ketahui!

Dampak positif gadget

Mendukung Kegiatan Akademis

Salah satu dampak positif gadget bagi perkembangan anak yaitu dapat mendukung kegiatan akademis. Ya, hal ini tidak bisa dipungkiri karena dunia pendidikan pun harus disesuaikan dengan perkembangan zaman yang terus maju. Dengan adanya gadget, anak-anak bisa melakukan browsing mengenai pelajaran sekolah atau apapun itu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Bahkan sebagian besar tenaga pendidik sudah menggunakan gadget sebagai media pembelajarannya.

Memberikan Wawasan Mengenai Perkembangan Teknologi

Dampak positif gadget terhadap perkembangan anak selanjutnya yaitu dapat memberikan wawasan mengenai perkembangan teknologi. Mereka bisa tahu bahwa perkembangan teknologi semakin hari itu semakin canggih. Oleh karena itu, sang anak tidak akan tertinggal oleh perkembangan zaman.

Dampak positif gadget

Membantu Belajar Berbahasa

Pada umumnya, gadget akan membantu anak untuk belajar berbahasa baik bahasa asing maupun bahasa nasional sehingga anak dapat belajar bahasa dengan sesuatu yang menyenangkan. Biasanya hal ini bisa diajarkan dengan berbagai bantuan aplikasi maupun video yang sangat menarik. Nah, bagi para orang tua yang sedang mengajarkan anaknya belajar bahasa asing, maka bisa dicoba cara yang satu ini.

Bisa Mengurangi Stress Pada Anak

Tahukah anda bahwa anak pun akan mengalami stress jika dalam keadaan yang sangat tertekan baik itu di sekolah maupun pada saat di rumah? Nah, hal ini bisa diredakan dengan bermain gadget loh yang merupakan salah satu dampak positif gadget yang juga telah didukung oleh para peneliti universitas di Amerika Serikat.

Itulah ulasan mengenai 4 dampak positif gadget terhadap perkembangan anak yang perlu para orang tua ketahui. Namun dari keempat dampak positif tersebut, anda sebagai orang tua tetap harus mendampingi anak ketika menggunakan gadget serta tentunya bisa mengedukasi anak bahwa gadget harus digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat saja.

Tidak ada komentar

*DiBukaBox tidak bertanggung jawab atas komentar yang Anda buat