Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Kebudayaan


Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Kebudayaan. Seperti yang kita ketahui Teknologi memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap beberapa aspek dalam kehidupan, salah satunya aspek kebudayaan. Budaya sendiri sering dijadikan contoh dari dampak berkembangnya teknologi, baik dampak positif maupun negatif.
Sudah banyak kebudayaan disuatu daerah saat ini telah lenyap dan hilang karena berkembangnya teknologi. Namun berkembangnya teknologi bukanlah hal yang harus disalahkan, akan tetapi oknum manusia yang menyalahgunakan teknologi tersebut yang mesti dipermasalahkan.
Teknologi diciptakan untuk mempermudah keberlangsungan hidup manusia, dan sudah seharusnya dipergunakan dengan bijak oleh manusia itu sendiri. Pada zaman sekarang manusia hanya ingin menggunakan teknologi canggih tanpa memikirkan dampak yang akan diterima olehnya sendiri dan orang lain.
Perkembangan Teknologi

Teknologi
Teknologi adalah alat yang diciptakan untuk mempermudah manusia dalam menjalankan kehidupan dan memberikan kenyamanan. Teknologi diciptakan oleh manusia dan diperuntukan untuk manusia lagi, demi keberlangsungan hidup yang makmur, sejahtera dan maju. Perkembangan Teknologi ini begitu pesat, sehingga manusia yang pada awalnya sulit berkomunikasi menjadi sangat mudah melakukan komunikasi dan bertukar informasi.
Dengan adanya teknologi memudahkan manusia menjalankan aktivitas kehidupannya, seperti mencari pekerjaan, menciptakan inovasi baru, mencari informasi, perlengkapan kehidupan dan lainnya. Maka dari itu jangan heran jika teknologi semakin canggih, manusia dimanjakan dengan kemudahan yang diberikan oleh teknologi. Seharusnya ini menjadi kabar baik, tetapi banyak orang yang menyalahgunakan Perkembangan Teknologi ini yang harusnya berdampak positif malah sebaliknya.
Perkembangan Teknologi

Kebudayaan
Kebudayaan merupakan aspek hasil budi daya manusia yang berfungsi dan digunakan oleh manusia lagi. Kebudayaan merupakan kekayaan bagi setiap daerah yang memilikinya, di Indonesia sendiri kebudayaan sangat melimpah dan beragam. Budaya sendiri dikatakan sangat rentan akan pengaruh dari berkembangnya teknologi, sangat mudah dimasuki dan dipengaruhi. Bangkit dan jatuhnya kebudayaan di suatu daerah itu bergantung pada sikap manusianya sendiri, mampu mengembangkan dan meningkatkan atau malah sebaliknya.
Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Kebudayaan
Seperti yang dikatakan sebelumnya kebudayaan dipengaruhi oleh Perkembangan Teknologi yang semakin pesat. Kebudayaan sangat rentan dimasuki oleh teknologi, sehingga sangat mudah sekali terpengaruh oleh budaya luar. Budaya pada saat ini sudah mulai kendor dan lenyap dalam kehidupan masyarakat, beriringan dengan berkembangnya teknologi.
Kita ambil contoh saja, seperti permainan tradisional pada zaman dulu sering dimainkan anak-anak diwaktu luang penuh dengan tawa dan warna-warni. Sekarang permainan tradisional itu lenyap, tergantikan oleh permainan yang disediakan oleh gadget. Sangat miris jika usia anak-anak saja sudah kecanduan bermain gadget sehingga intensitas bermain bersama teman sebayanya berkurang.
Lalu apakah Perkembangan Teknologi yang terjadi saat ini harus disalahkan?. Tentu, bukan teknologinya yang salah melainkan manusia yang tidak begitu cerdas memanfaatkan teknologi yang salah. Sering sekali berkembangnya teknologi dijadikan kambing hitam oleh masyarakat, meyalahkan teknologi canggih atas lenyapnya kebudayaan lokal.
Padahal bukan teknologinya yang harus disalahkan, tapi kita sendiri sebagai manusia yang kurang cerdas memanfaakannya. Sering kali menyalahgunakan penggunaan teknologi ke arah yang negatif demi kepentingan dan kepuasan pribadi. Seperti para orangtua yang harusnya mengajarkan kebudayaan pada anaknya malah memberikan gadget, video games dan barang canggih lainnya.
Tanpa kita sadari perubahan kebudayaan itu berawal dari diri kita sendiri yang kurang cerdas memanfaatkan Perkembangan Teknologi yang ada. Teknologi bukan merupakan suatu hambatan untuk berkembangnya sebuah kebudayaan, jadikan teknologi sebagai fasilitas yang dapat memajukan kebudayaan tradisional.


Tidak ada komentar

*DiBukaBox tidak bertanggung jawab atas komentar yang Anda buat