Kenali Teknologi Ramah Lingkungan Masa Kini


Kenali Teknologi Ramah Lingkungan Masa Kini -  Teknologi ramah lingkungan merupakan suatu pengaplikasian dari Teknologi Lingkungan. Dikonsepkan untuk mencapai tujuan tertentu yang mengacu pada faktor-faktor lingkungan. Teknologi saat kini telah berkembang dengan pesat, baik di sektor pertanian, perindustrian hingga sektor rumah tangga.
Jika teknologi dimanfaatkan kurang tepat, maka akan merusak beberapa faktor salah satunya faktor lingkungan. Sedangkan teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia untuk menjalani kehidupan kesehariannya.
Teknologi Ramah Lingkungan merupakan suatu teknologi yang menggunakan bahan baku ramah lingkungan dalam proses pembuatan dan pengaplikasiannya. Dengan adanya teknologi ramah lingkungan, diharapkan dapat mengurangi pencemaran lingkungan dampak dari suatu proses pembuatan suatu produk.
Tentu saja Teknologi Ramah Lingkungan ini harus memenuhi beberapa syarat regulasi. Selain itu harus memiliki efesiensi terhadap penggunaan sumber daya baik berupa air, energi, penggunaan bahan baku serta bahan-bahan kimia. Di bawah ini ada beberapa contoh dari Teknologi Ramah Lingkungan, diantaranya:
Aplikasi Pada Sektor Lingkungan
Teknologi Ramah Lingkungan dalam sektor lingkungan adalah:
1.      Biopori
Biopori merupakan lubang yang sengaja dibuat secara vertikal ke dalam tanah berfungsi sebagai resapan air. Bertujuan untuk mengatasi jika terjadinya genangan air dengan cara meningkatkan daya serap tanah untuk air.
Teknologi Ramah Lingkungan
2.      Fitoremediasi
Teknologi Ramah Lingkungan berikutnya adalah Fitoremediasi merupakan suatu upaya untuk penghilangan, pemindahan dan penghancuran kontaminan yang ada di dalam tanah. Proses ini disebut bioremedasi yang melibatkan berbagai jenis tanaman sebagai medianya.
Aplikasi Pada Sektor Transportasi
Teknologi Ramah Lingkungan dalam sektor transportasi adalah:
1.      Kendaraan Hidrogen
Berbagai kendaraan seperti mobil bahkan pesawat dirancang sedemikian rupa sehingga bahan bakar yang digunakan berbahan ramah lingkungan. Nah, bahan bakar yang digunakannya adalah gas nitrogen, gas nitrogen tidak seperti bahan bakar konvensional (BBM) yang menimbulkan polusi. 
Teknologi Ramah Lingkungan
2.      Mobil Listrik
Aplikasi Teknologi Ramah Lingkungan berikutnya adalah mobil listrik, kendaraan ini menggunakan beberapa motor listrik sebagai penggeraknya. Untuk saat ini ada 3 jenis mobil listrik seperti mobil listrik yang mendapatkan tenaga dari stasiun pengisian di luar. Mobil listrik yang mendapatkan tenaga listrik dari hasil penyimpanan tenaga awal yang berasal dari sumber liar. Kemudian mobil listrik yang menggunakan generator sebagai sumber tenaganya.
3.      Mobil Surya
Aplikasi selanjutnya dari Teknologi Ramah Lingkungan adalah mobil surya. Dimana mobil ini memanfaatkan cahaya matahari sebagai bahan bakarnya, dan mobil ini dilengkapi penyimpanan energi untuk penggunaan yang sedikit lama.
Aplikasi Pada Sektor Energi dan Industri
1.      Biogas
Biogas merupakan alternatif lain dari penggunaan bahan bakar, dimana sering dipakai untuk keperluan Rumah Tangga di Indonesia sebagai bahan bakar. Biogas sendiri diperoleh dari hasil fermentasi bahan organik yang dilakukan secara anaerob (bakteri yang hidup tanpa oksigen). Dalam prosesnya bakteri tersebut akan mengubah zat organik menjadi gas metana 75%, serta gas lainnya seperti hidrogen, karbondiokasida dan hidrogensulfida.
2.      Biofuel
Biofuel merupakan aplikasi lain dari Teknologi Ramah Lingkungan, merupakan energi alternatif dan terbarukan. Memanfaatkan sumber daya alam dan dapat diperbaharui yang berasal dari bahan-bahan organik contohnya tanaman.
3.      Sel Surya
Merupakan suatu energi yang dihasilkan dari matahari, prinsip kerjanya adalah merubah energi matahari menjadi energi listrik. Media yang digunakan berupa panel yang dapat menyimpan cahaya matahari karena dihubungkan dengan baterai, sehingga masih bisa dipakai ketika mendung.
Itulah beberapa aplikasi dari Teknologi Ramah Lingkungan, dimana fungsi sebenarnya adalah untuk menjaga kelestarian alam serta menjaga lingkungan sekitar.

Tidak ada komentar

*DiBukaBox tidak bertanggung jawab atas komentar yang Anda buat