Identifikasi Peran teknologi di Era 4.0


Teknologi merupakan suatu perkembangan yang sangat memberi banyak manafaat, kita bisa mengetahui segala hal dimana saja, kapan saja dan apa saja tentu karena adanya peran teknologi. Banyak hal yang kita tidak sadari dari peran teknologi itu sendiri, tidak hanya membantu orang-orang yang memang berkecimpung pada bidang tersebut, namun manfaatnya dirasakan juga oleh seluruh kalangan.
Kenapa kita masih belum menyadari manfaat teknologi? Bukankah kita sudah menggunakan teknologi tersebut saat ini? peran teknologi yang teramat banyak kadang membuat kita sadar dan enggan untuk mengambil peran terbaik. Di Indonesia sendriri ada banyak orang yang memiliki kecerdasan dan ketekunan lur biasa, ada juga yang memiliki otak yang jenius, sayangnya banyak dari kita juga yang belum mengambil peran sebagai pemain.
Peran teknologi sejatinya tidak hanya memberi fasilitas lebih kepada kita untuk kehidupan yang lebih maju, lebih dari itu teknologi sangat berperan untuk membuka wawasan kita tentang kendali dunia, yaitu teknologi dan mulai mengambil peran sebagai pencipta, inisiator, konseptor, dan lainnya bukan hanya pengguna atau konsumtor. Kurangnya kesadaran akan hal tersebut menimbulkan beberapa hal yang dirasa kurang pas, seperti :
1.      Ketergantungan
Ketergantungan ada banyak hal, contohnya ketergantungan pada gadget kita. Gadget memang sudah seperti kebutuhan primer yang harus ada bagi kita. Jika kita mengetahui dengan baik fungsi dari gadget itu maka kita tidak akan berlebihan dan sampai pada ketergantungan. Fahami fungsi dan gunakan sesuai takaran, jadikan gadget berfungsi sebagai fungsinya dan kita mampu mengendalikannya, bukan kita yang dikendalikan. Bijakya memakai gadget dan teknologi apapun.
2.      Digunakan untuk kejahatan
Peran teknologi

Peran teknologi yang bisa membuat kita maju, usaha beerkembang, dan bahkan sebagai media yang berpenghasilaan. Banyak manfaat yang kita rasakan, namun ada saja oknum yang bertindak kejahatan, hal tersebut terjadi karena beberapa oknum yang ingin mendapatkan keuntungan dengan curang dan bisa juga karena ada yang tidak ia sukai dari beberapa atau salah satu orang dan menggunakan teknologi untuk menyalahgunakannya.
Peran teknologi

    Menganggu kesehatan

Banyak sekali yang mengalami gangguan kesehatan, sahabat perlu kita ketahui. Teknologi ada untuk memudahkan kita, membantu tugas kita dan lain sebagainya. Jika masalah kesehatan terjadi karena efek dar teknologi, bila belum di ketahui alangkah baiknya untuk mengurangi aktivitas tersebut. Biasanya masalah kesehatan bisa terjadi karena kurangnya mengatur jadwal dengan baik dan kurang memahami porsi diri. Kenali diri dengan baik, nikmati peran teknologi.


Cara memaksimalkan peran teknologi ?
Teknologi hadir untuk sebuah peradaban yang lebih baik, dan alangkah lebih baiknya untuk dipergunakan denganbaik. Memperlajari peran teknologi dan memahami fungsi dan tujuan setiap teknologi yang ada. Beberapa teknologi yang paling banyak digunakan contohnya: gadget ( smartphone), komputer atau laptop, mesin cuci, lemari es, televisi, dan masih banyak lagi.
Ada hal lain yang tidak boleh kita lupa, bahwa jangan kita juga fokus kepada dampak peran teknologi terhadap alam atau bumi. Keselamatan diri ada pada keselamatan bumi, kenapa? Udara yang segar untuk bernafas, kebersihan yang membuat nyaman, serta hasil bumi yang dihasilkan semua bergantung pada kesehatan bumi. Maka dari itu kita juga harus mengetahui teknologi apa saja yang sampai saat ini memberi dampak negatif bagi alam, dan harus segera mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Tidak ada komentar

*DiBukaBox tidak bertanggung jawab atas komentar yang Anda buat